Podcast NGOPI: Kupas Tuntas Islam dan Politik di China

0
710

BincangSyariah.Com – Sejak kemunculan berita mengenai varian virus Corona, masyarakat Dunia kembali mengarahkan pandangannya ke Tiongkok, negeri awal kemunculan virus tersebut. Muncul pertama kali di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, Per-30 Januari 2020 saja dikabarkan bahwa korban akibat penyakit ini telah melampaui korban wabah SARS tahun 2003. Demi meminimalisasi penyebaran virus, pemerintah China menutup akses beberapa kota yang terdampak corona. Penutupan itu membuat sekitar 27 juta orang terisolasi. Belakangan warga asing tersebut dipulangkan ke negaranya masing-masing, termasuk dari Indonesia dengan terlebih dahulu dikarantina secara ketat untuk dipastikan mereka tidak terinfeksi virus Corona.

Disisi lain, kemunculan virus Corona kemudian kembali meningkatkan tensi stigma masyarakat terhadap negara Tirai Bambu tersebut, termasuk di Indonesia. Hoax dan upaya-upaya cocokologi akhirnya berkembang kembali. Misalnya menyatakan kalau Corona adalah bentuk “Tentara Tuhan” untuk menegur pemerintah Tiongkok. karena diberitakan “menekan” eksistensi keislaman kelompok Uighur, salah satu suku muslim di wilayah Tiongkok.

Semua itu mendorong kami mencoba membahas lebih jernih, sebenarnya seperti apa Islam dan Politik di China tersebut? Benarkah Tiongkok, atau China, melakukan kebijakan politik sistemik untuk menekan bahkan ingin menghilangkan eksistensi beragama masyarakatnya yang beragama Islam, termasuk Uighur? Seperti apa selanjutnya perkembangan Islam di China jika ditinjau dari aspek sejarah?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut coba kami ulas dalam podcast Ngobrol Penting (NGOPI) bersama Novi Basuki, kandidat Doktor bidang Politik Internasional dari Sun Yat Sen University, Guangzhou, Tiongkok. Ia telah tinggal di Tiongkok sejak menempuh pendidikan strata satu Bahasa dan Sastra Cina di negeri tersebut, dan belakangan banyak menulis dan mencoba menjelaskan sejumlah kesalahpahaman sampai disinformasi berita mengenai China yang beredar di Indonesia. Kumpulan tulisannya tersebut, belum lama ini diterbitkan di Penerbit Mojok dengan judul “Ada Apa Dengan China?”

Baca Juga :  Ucapan Paling Baik, Apakah Itu?

Selamat mendengarkan dan semoga bisa mencerahkan ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here