Perintah Islam Untuk Saling Menasihati

0
45

BincangSyariah.Com – Ada perintah dalam ajaran agama Islam untuk setiap Muslim agar saling menasihati. Selain perintah saling menasihati, sikap saling mengingatkan dalam hal kebaikan adalah kewajiban sesama Muslim.

Dalam ajaran agama Islam, mengingatkan orang lain secara lisan biasa disebut dengan nasihat, wasiat, tausiyah, dan lain sebagainya. Istilah tersebut umumnya dikenal sebagai ceramah di mana ada orang yang menyampaikan tausiyah.

Kegiatan menyampaikan taushiyah juga bisa disebut tabligh yang bermakna menyampaikan. Maka, istilah Tablig Akbar dalam Islam memiliki arti acara ceramah yang dikemas dengan meriah dan dihadiri oleh banyak jamaah.

Semua kegiatan tersebut adalah bagian dari dakwah. Jenis dakwahnya disebut sebagai bil lisan yakni secara lisan. Dakwah sebenarnya tidak hanya berupa ceramah, tapi biasanya ditemukan dalam bentuk lisan. Para penceramah agama biasa disebut sebagau mubaligh atau juru tablig dan Dai atau juru dakwah.

Apa yang perlu digarisbawahi adalah bahwa kesalahan dan kealpaan sangat bisa terjadi pada siapa saja, baik mubaligh atau jamaah. Oleh sebab itu, kewajiban berdakwah tidak hanya diperuntukkan bagi orang yang bisa ceramah semata.

Kewajiban berdakwah atau saling menasihati ada untuk umat Islam di seluruh dunia. Kita pasti sudah familiar dengan kalimat: “Sampaikan dariku meski hanya satu ayat.” Demikian sabda Nabi Muhammad Saw. terkait dengan kewajiban dalam berdakwah.

Lantas, bagaimana caranya orang biasa yang bukan mubaligh atau da’i dalam menyampaikan dakwah atau mempraktikkan perintah dalam Islam untuk saling menasihati?

Mengingatkan saudara yang telah berbuat salah atau lupa tidak mesti dengan berceramah di depannya. Tidak pula harus meminta tolong kepada seorang Ustaz untuk berceramah. Hal tersebut cukup diwujudkan dengan menyampaikan seperlunya.

Baca Juga :  Hikmah Pagi : Perjuangan yang Tidak Kenal Lelah

Allah Swt. menegaskan perintah untuk saling menasihati dalam salah satunya surat al-‘Ashr ayat 1 s/d 3 sebagai berikut:

Quran Surat Al-‘Ashr Ayat 1

 وَٱلْعَصْرِ

Wal-‘aṣr

Artinya: “Demi masa.”

Quran Surat Al-‘Ashr Ayat 2

 إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَفِى خُسْرٍ

Innal-insāna lafī khusr

Artinya: “Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian.”

Quran Surat Al-‘Ashr Ayat 3

إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلْحَقِّ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلصَّبْرِ

Illallażīna āmanụ wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti wa tawāṣau bil-ḥaqqi wa tawāṣau biṣ-ṣabr

Artinya: “Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasihati supaya menetapi kesabaran.”

Dalam buku Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat (2002), Abdurrahman An-Nahlawi menjelaskan bahwa tiga ayat tersebut mengisyaratkan tentang keselamatan manusia dari kerugian dan azab Allah Swt.  Tiga ayat dalam Surat Al-Asr menunjukkan betapa pentingnya untuk saling menasihati dan menerima nasihat.

Selain surat Al-Asr, ada juga surat dalam Al-Qur’an yang menerangkan tentang nasihat. Diantaranya adalah surat An-nisa ayat 58, surat Yunus ayat 57, surat Al-Ghasiyah ayat 21, Al-Imran ayat 110, surat Al-Isra’ ayat 22-39 dan surat Luqman ayat:13-19.

Nasihat bisa menjadi metode pendidikan yang baik untuk manusia. Nasihat sering terjadi dalam proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dan juga antar guru dengan murid. Dalam relasi tersebut, nasihat sangat bisa memberikan pengaruh pada diri orang yang mendengarkan nasihat.

Selain antara guru dan murid, nasihat orang tua, saudara dan teman atau sahabat juga bisa mengubah sifat manusia. Tapi, apabila nasihat itu tidak muncul dari hati dan tidak saling memahami, maka pengaruhnya sangat lemah atau bahkan tidak memiliki pengaruh sama sekali.

Baca Juga :  Nasihat Sejuk Gus Mus di Tahun Politik yang Panas

Waktu untuk memberi nasihat juga mesti menjadi pertimbangan. Seseorang bisa saja tersinggung saat diberi nasihat di waktu yang tidak tepat. Padahal, nasihat yang diberikan adalah nasihat yang baik.[] (Baca: Hukum Menasihati di Kolom Komentar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here