Perintah Berlaku Ihsan dalam Islam

0
48

BincangSyariah.Com – Perintah berlaku ihsan ada dalam ajaran agama Islam. Ihsan berasal dari kata kerja atau fi’il yakni hasuna-yahsunu-hasanan yang berarti baik. Kata tersebut kemudian mendapat tambahan hamzah di depan dan menjadi ahsana-yuhsinu-Ihsanan yang memiliki makna memperbaiki atau bisa juga bermakna berbuat baik.

Ihsan adalah menyembah Allah Swt. Kita seolah-olah melihat-Nya, dan apabila kita tidak mampu membayangkan melihat-Nya, maka cukup dengan membayangkan bahwa sesungguhnya Allah Swt. melihat perbuatannya.

Perintah berlaku Ihsan yang dimaksud di sini adalah beribadah dengan ikhlas, baik ibadah yang khusus seperti shalat dan kewajiban sejenisnya atau ibadah umum yang mencakup aktivitas sosial dalam kehidupan bermasyarakat. (Baca: Amal Saleh dan Konsep Ihsan dalam Al-Qur’an)

Ada banyak ayat dalam Al-Qur’an maupun dan hadits yang mengandung perintah berlaku ihsan. Salah satu ayat yang berkaitan dengan perintah ihsan adalah firman Allah Swt. dalam Q.S. al-Baqarah/2:83 sebagai berikut:

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَٰقَ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا ٱللَّهَ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَقُولُوا۟ لِلنَّاسِ حُسْنًا وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِّنكُمْ وَأَنتُم مُّعْرِضُونَ

Wa iż akhażnā mīṡāqa banī isrā`īla lā ta’budụna illallāha wa bil-wālidaini iḥsānaw wa żil-qurbā wal-yatāmā wal-masākīni wa qụlụ lin-nāsi ḥusnaw wa aqīmuṣ-ṣalāta wa ātuz-zakāh, ṡumma tawallaitum illā qalīlam mingkum wa antum mu’riḍụn

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.”

Baca Juga :  Bolehkah Melakukan Operasi Plastik ?

Dalam ayat tersebut, Allah Swt. mengingatkan pada Nabi Muhammad saw. Bahwa atas janji Bani Israil yang mesti mereka penuhi yakni bahwa mereka tidak akan menyembah sesuatu selain Allah Swt. Peringatan tersebut disusul dengan perintah berbuat baik kepada orangtua yang merupakan amal kebajikan tertinggi. Sebab melalui kedua orang tua Allah Swt. telah menciptakan manusia.

Setelah Allah Swt. menyebutkan tentang hak kedua orangtua, ada pula hak kerabat atau kaum keluarga yakni berbuat kebajikan kepada mereka. Allah Swt. lalu menyebutkan tentang hak orang-orang yang memerlukan bantuan yakni anak yatim dan orang miskin.

Allah Swt. mendahulukan menyebut anak yatim ketimbang orang miskin sebab orang miskin mampu berusaha sendiri sementara anak yatim belum sanggup untuk berusaha sebab masih kecil.

Setelah memerintahkan untuk berbuat baik kepada orang tua, keluarga, anak yatim, dan orang miskin, Allah Swt. pun memerintahkan agar mengucapkan kata-kata yang baik kepada sesama manusia.

Allah Swt. juga memerintahkan kepada Bani Israil untuk melaksanakan shalat dan menunaikan zakat. Ruh shalat adalah keikhlasan dan ketundukan kepada Allah Swt. Tanpa ruh tersebut shalat tidak ada maknanya.

Hadits yang berkaitan dengan perintah berlaku ihsan ada banyak sekali. Setiap hadis yang mengandung perintah untuk berbuat baik kepada sesama manusia, melarang berbuat kerusakan, atau perintah beribadah kepada Allah Swt. adalah perintah untuk berbuat ihsan.

Salah satu hadits yang dengan tegas menyatakan untuk berlaku ihsan adalah sabda Rasulullah Saw. berikut:

“Dari Syadad bin Aus, bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan berbuat ihsan atas segala sesuatu, maka apabila kamu membunuh hendaklah membunuh dengan cara yang baik, dan jika kamu menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik dan hendaklah menajamkan pisaunya dan menyenangkan hewan sembelihannya.” (H.R.Muslim).[]

Baca Juga :  Anjuran Menyambung Silaturahim kepada Sahabat Orang Tua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here