Perbedaan Makna Tumakninah, Sakinah, dan Aman dalam Al-Qur’an

0
909

BincangSyariah.Com –. Secara Bahasa kata Al-Amn  berarti “sukunul qolb wa an-nafs” yang berarti ketenangan hati dan jiwa. Lalu Al-Thuma’ninah atau Tumakninah, dapat berarti “as-sukun” (reda, tenang). Imam Al-Asfahani memberi pengertian khusus, yaitu ketenangan yg didapat setalah ada kegelisahan. Sementara sakinah (as-sakiinah) secara bahasa berarti “al-tsubut, al-istiqrar, al-sukun” (menetap, diam, tenang). Ketiga kata ini sering diulang dalam Al-Qur’an, tapi masing-masing memiliki perbedaan maknanya.

Sementara kata al-Amn berikut derivasinya, sering diulang dalam Al-Qur’an seperti pada surat Al-Baqarah ayat 125, Al-Nisa ayat 83, dan ayat lain sebagainya. Menurut Ibnu Asyur dalam karya tafsirnya at-Tahrir wa at-Tanwir, Al-Amn berarti terlindungnya seseorang dari bahaya dan malapetaka.

Selain itu bisa digunakan untuk arti terjaganya (kemanan) negara, tenang dan terangnya jalan, terbebas dari berbuat dosa, bebas dari kezhaliman, dan mendapatkan kembali hak-haknya. Sehingga kata al-amn ditafsirkan sesuai dengan konteksnya masing-masing.

Namun secara umum makna penafsirannya secara bahasa adalah ketenangan hati dan jiwa karena hilangnya ketakutan dan kecemasan. Tumakninah berikut derivasinya juga banyak disebutkan dalam Al-Qur’an, seperti di surat Al-Ra’d ayat 28, Al-Nahl ayat 112 dan sebagainya.

Secara bahasa, tukmakninah berarti bertambah tenangnya hati karena mendapat keyakinan yang berasal dari pengetahuan dan penglihatan akan sesuatu. Seperti Nabi Ibrahim a.s yang sudah iman kepada Allah, namun ia minta diperlihatkan bagaimana Allah berkuasa menghidupkan atau,- -mematikan burung agar bertambah keyakinan serta kemantapan akal dan hatinya. Tidak lagi diperlukan adu argumentasi atau keraguan dalam hati. Thuma’ninah jg lebih kuat dari al-amn sperti untk menunjukkan keadaan suatu desa yang tenang dan tentram (lihat surat Al-Nahl ayat 112).

Jika Al-Amn: hilangnya ketakutan karena selamat dari musuh misalnya, maka tuma’ninah adalah ketenangan dan kedamaian yg menancap dalam hati, jiwa dan pikiran.

Baca Juga :  Nabi Melarang Membakar Perkebunan Saat Perang

Adapun As-Sakinah juga banyak ditemukan di al-qur’an seperti di Al-Taubat ayat 26,

ثُمَّ أَنزَلَ ٱللَّهُ سَكِینَتَهُۥ عَلَىٰ رَسُولِهِۦ وَعَلَى ٱلۡمُؤمنِين

Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya dan kepada orang-orang yang beriman, dan Allah menurunkan bala tentara yang kamu tiada melihatnya, dan Allah menimpakan bencana kepada orang-orang yang kafir, dan demikianlah pembalasan kepada orang-orang yang kafir.

dan Al-Fath ayat 4,

هُوَالَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana,

Para mufassir kebanyakan menafsirinya sebagai “sukun dan tuma’ninah” (diam dan tenang)

Abu Hayyan menambahkan, orang yang diliputi sakinah berarti dia diliputi ketetapan iman dalam hatinya berikut tenang jiwanya. Dengan demikian sakinah lebih tinggi tingkatannya dari sukun dan tuma’ninah.

Kesimpulannya: Ketiga kata ini memiliki makna yang berdekatan, dimana semuanya mengandung arti ketenangan jiwa karena tidak adanya kecemasan di dalamnya. Namun ada juga perbedaannya dari segi tingkatan kekuatan makna dari kata.

Sakinah adalah puncaknya ketenangan dan ketentraman yang paling kuat dan melekat dalam hati. Sedangkan Tumakninah berada pada level setelahnya. Adapun al-amn lebih umum cakupan maknanya, yakni ketentraman dan ketenangan hati. Jika ketenangan tersebut bertambah dan menetap dalam hati dan jiwa maka menjadi tumakninah. Lalu jika ia benar-benar mengakar, menetap, tidak akan berubah dan telah mencapai puncaknya ketenangan dan ketentraman, maka ia naik menjadi sakinah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here