Perbedaan Basmalah Ahli Surga dan Neraka

0
1054

BincangSyariah.Com – Surga dan neraka adalah kampung akhirat, tempat kembalinya manusia. Yang baik akan tinggal di surga dan yang buruk akan mendiami neraka. Selain surga dan neraka tidak ada tempat lain di akhirat kelak. Kita sebagai orang yang beriman wajib meyakini akan adanya kedua tempat tersebut. Ini adalah akidah ahlussunnah waljamaah.

Amal baik akan mengantarkan manusia menuju surga. Tentunya bukan semata-mata kebaikan yang dilakukan, akan tetapi karena keutamaan dari Allah Swt. Ia akan kekal selama-lamanya di surga. Allah Swt. berfirman dalam Qs. Al-Baqarah [2] : 82,

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ الْجَنَّةِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya.

Sungguh, betapa beruntungnya manusia ketika bisa menginjakkan kaki di surga. Sekali masuk ke dalamnya, maka ia akan kekal selama-lamanya. Nikmat ini tidak henti-hentinya mereka syukuri. Bahkan sebelum masuk surga mereka tidak lupa membaca basmalah dan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt. Mereka berkata ketika sudah di depan pintu surga (Lihat Kitab Majalis Assaniyah, hal. 3),

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله الذي صدقنا وعده واورثنا الارض نتبوأ من الجنة حيث نشاء فنعم اجر العاملين

Bismillahirrohmanirrohimi alhamdu lillahi alladzi shodaqona wa’dahu wa aurotsanal ardlo natabawwa’u minal jannati haitsu nasya’u fani’ma ajrul ‘amilin.

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah memberikan tempat ini kepada kami sedang kami (diperkenankan) menempati surga di mana saja yang kami kehendaki.” Maka (surga itulah) sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal.

Kalimat syukur yang diucapkan oleh ahli surga ini terdapat dalam Qs. Az-Zumar [39]: 74,

وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ صَدَقَنَا وَعْدَهٗ وَاَوْرَثَنَا الْاَرْضَ نَتَبَوَّاُ مِنَ الْجَنَّةِ حَيْثُ نَشَاۤءُ ۚفَنِعْمَ اَجْرُ الْعٰمِلِيْنَ

Dan mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah memberikan tempat ini kepada kami sedang kami (diperkenankan) menempati surga di mana saja yang kami kehendaki.” Maka (surga itulah) sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal.

Semoga kita termasuk orang yang membaca basmalah di depan pintu surga. Amin.

Adapun ahli neraka, mereka juga akan kekal di dalamnya. Mereka masuk neraka dikarenakan ulah mereka sendiri. Mereka masuk neraka karena buruknya amal mereka. Hal tersebut merupakan bentuk keadilan dari Allah Swt. Dalam Qs. Al-Baqoroh [2] : 81, Allah Swt. berfirman:

بَلٰى مَنْ كَسَبَ سَيِّئَةً وَّاَحَاطَتْ بِهٖ خَطِيْۤـَٔتُهٗ فَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

Bukan demikian! Barangsiapa berbuat keburukan, dan dosanya telah menenggelamkannya, maka mereka itu penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.

Mereka masuk surga dengan sejuta penyesalan. Namun penyesalan mereka sudah tidak berguna lagi. Mereka sadar bahwa balasan nereka bagi mereka disebabkan amal buruk yang dilakukan saat di dunia. Mereka tidak bisa menghindar, apalagi lari dari panasnya api neraka. Namun, meskipun nasib mereka sudah harus terpanggang dalam neraka, mereka tidak lupa membaca basmalah saat mau loncat ke neraka. Mereka berkata,

بسم الله الرحمن الرحيم وما ظلمنا ربنا ولكن ظلمنا انفسنا

Bismillahirrohmanirrohim wama dholamana robbuna walakin dholamana anfusana

Dengan menyebut asma Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, sungguh Tuhan kami tidaklah berbuat dholim pada kami, melainkan diri kamilah yang dholim atas diri sendiri. (Lihat Majalis As-saniyah, hal. 3)

Mereka masuk nereka akibat ulah tangan mereka sendiri. Bukan karena didholimi oleh Allah Swt., akan tetapi dengan keadilan dari Allah Swt. Semoga kita dijauhkan dari membaca basmalah di depan gerbang nereka. Amin.

Allah Ta’ala A’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here