Penghuni Surga Firdaus, Apa Amal Perbuatannya?

0
307

BincangSyariah.Com – Di antara nama-nama surga Allah terdapat nama surga Firdaus. Dalam awal-awal surah Al-Mu’minun Allah menjelaskan perbuatan-perbuatan baik yang bisa membawa seorang mukmin menuju surga Firdaus-Nya.

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ (1) الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ (2) وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ (3) وَالَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَاةِ فَاعِلُونَ (4) وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ (5) إِلَّا عَلَى أَزْوَاجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ (6) فَمَنِ ابْتَغَى وَرَاءَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْعَادُونَ (7) وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ (8) وَالَّذِينَ هُمْ عَلَى صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ (9) أُولَئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ (10) الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (11)

“1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, 2. (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya, 3. dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, 4. dan orang-orang yang menunaikan zakat, 5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, 6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki[994]; Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa. 7. Barangsiapa mencari yang di balik itu[995] Maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas. 8. dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. 9. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. 10. mereka Itulah orang-orang yang akan mewarisi, 11. (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. mereka kekal di dalamnya.” (QS: Al-Mu’minun [23]: 1-11)

Di dalam ayat tersebut Allah menjelaskan tentang perbuatan-perbuatan yang bisa mewariskan surga Firdaus. Keberuntungan tersebut bisa diperoleh dengan cara khusyuk dalam shalat. Artinya orang mukmin mengerjakan shalat dalam keadaan tunduk, takut, tenang, menundukkan pandangan dan menunjukkan kehinaannya di hadapan Allah. Selain itu, ia juga harus menghindari dari sesuatu yang batil atau segala sesuatu yang tidak disukai oleh Allah.

Baca Juga :  Inilah Penawar Pedihnya Cobaan Menurut Ibnu Athaillah

Pada ayat selanjutnya bahwa untuk memperoleh surga Firdaus seorang mukmin harus menunaikan zakat. Mayoritas ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud zakat di sini adalah zakat harta meskipun surah tersebut diturunkan di Mekkah sedangakan kewajiban zakat adalah pada tahun kedua hijrah di Madinah. Jumhur juga berpendapat bahwa zakat sudah diwajibkan sejak Nabi saw di Mekkah dan belum hijrah ke Madinah dengan dalil surah Al-An’am;

وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ

“Dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya.” (QS: Al-An’am [6]: 142)

Sebagian ulama juga berpendapat bahwa zakat tersebut berarti zakat (sucinya) jiwa dari syirik dan perbuatan keji. Ibnu Katsir menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan zakat dalam ayat tersebut adalah zakat harta dan zakat jiwa karena mukmin yang sempurna adalah yang melakukan keduanya.

Selanjutnya, menjaga kemaluan-kemaluan mereka atas segala yang diharamkan Allah. Mereka hanya memperlakukannya dengan istri atau budak yang dimiliki. Orang yang melakukan pada selain istri dan budaknya maka ia telah melampaui batas dan berhak mendapatkan siksaan.

Selain itu ia juga harus menjaga amanah dan janji yang telah dipikulnya. Menjaga segala sesuatu yang sudah dpercayakan kepadanya baik antara ia dengan Allah atau antara ia dengan manusia bahkan antara ia dan dirinya. Pada ayat selanjutnya Allah berfirman bahwa orang yang berhak mendapatkan surga Firdaus adalah orang yang menjaga shalat pada waktunya serta menyempurnakan ruku’ dan sujudnya. Perbuatan-perbuatan untuk mendapatkan surga Firdaus ini diawali dengan shalat serta ditutup dengan shalat karena shalat merupakan tiang agama dan perbuatan pertama yang akan dihisab nanti di hari kiamat.

Orang mukmin yang melakukan perbuatan-perbuatan tersebut merekalah yang berhak atas surga Firdaus yang merupakan surga paling atas dan atapnya adalah ‘Arsyur Rahman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here