Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi Dikabarkan Tewas

0
886

 BincangSyariah.Com – Abu Bakar al-Baghdadi dengan kelompok yang dibentuknya, ISIS (Islamic State in Iraq and Suriah) atau Da’isy telah bertahun-tahun melakukan tindakan terorisme yang mengakibatkan banyak orang tak bersalah mati, atau termakan propaganda mereka sehingga bergabung dengan kelompok ini. Setengah tahun kebelakang, ISIS dikabarkan sudah mengalami kekalahan setelah diserang baik oleh tentara di dalam negara Suriah sendiri maupun oleh serangan asing seperti tentara Amerika Serikat.

Peristiwa-peristiwa kekalahan terus terjadi, termasuk kabar tewasnya Abu Bakar al-Baghdadi pada sabtu lalu setelah diserang oleh pasukan militer Amerika Serikat. Serangan dilakukan di wilayah persembunyian al-Baghdadi, Idlib, wilayah sebelah utara Suriah. Al-Baghdadi dikabarkan tewas setelah tersudutkan oleh serangan pasukan AS hingga menyebabkan ia terpojok di sebuah ujung terowongan. Menurut Donald Trump, dalam konferensi pers terkait hal ini minggu lalu, al-Baghdadi tewas dengan meledakkan diri sendiri dengan rompi berisi sejumlah bom yang dikenakannya. Akibat aksinya ini, tiga dari anaknya yang menemaninya ikut tewas. Namun, sampai berita ini diturunkan semua situs berita menyebutkan informasi ini masih dalam konfirmasi.

Berita ini memang masih dikonfirmasi. Pasalnya, mengutip dari Independent, al-Baghdadi berulang-ulang dikabarkan telah terbunuh. Misalnya di tahun 2017, ia dikabarkan sudah trwas di wilayah Raqqa, bersama dengan 300 kombatan pendukungnya. Di dalam sumber lain disebut ia telah diamankan atau dilucuti total kekuatannya oleh pasukan yang berkoalisi dengan Amerika Serikat.

Donald Trump Tetap Melakukan Konfirmasi

Seperti dikutip dari Bloomberg, Donald Trump melakukan konferensi pers untuk menjelaskan soal tewasnya al-Baghdadi di Gedung Putih pada hari minggu lalu. Ia menyediakan 40 menit untuk konferensi pers, dengan 10 menit untuk memberikan pernyataan dan 30 menit untuk menjawab pertanyaan dari wartawan.

Baca Juga :  Negara Islam Hanya Sarana Bukan Tujuan

“Semalam Amerika Serikat telah membawa teroris nomor satu kepada keadilan”, katanya.

“Tidak ada satupun anggota personil Amerika Serikat yang tewas. Sementara para kombatan al-Baghdadi terbunuh bersama dengan pemimpinnya”, kata Trump.

“Jalan menuju capaian ini sangat panjang. Baghdadi telah diburu bertahun-tahun, jauh sebelum saya menjadi Presiden. Tapi lewat arahan saya, sebagai Panglima Tertinggi Amerika Serikat, kami benar-benar menyapu bersih ISIS 100 % di bulan Maret tahu ini.”

“Kejadian ini (penyerangan al-Baghdadi) adalah pengingat bahwa kita akan terus mengejar para teroris untuk mengakhiri kebrutalan mereka”,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here