PBNU dan Ormas Islam Gelar Rekonsiliasi Pasca Pilpres

1
2381

BincangSyariah.Com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) beserta 13 ormas Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) menggelar konferensi pers dalam rangka melakukan upaya rekonsiliasi secepat mungkin agar bangsa Indonesia kembali tenang dalam persaudaraan ukhuwah wathaniyah dan ukhuwuah Islamiyah.

“Kami ormas Islam yang tergabung dalam LPOI, mengajak kepada seluruh bangsa Indonesia terutama umat Islam dan seluruh komponen bangsa segera melakukan rekonsiliasi pasca pemungutan suara Pemilu 2019,” ujar Said Aqil di Gedung PBNU, Jakarta, Jumat (19/4).

Said Aqil menyebutkan bahwa upaya rekonsiliasi tersebut merupakan pernyataan bersama NU dan ormas-ormas Islam yang memiliki prinsip yang sama, yaitu NKRI, Pancasila, UUD 45 dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami mengajak agar masyarakat menahan diri dan tidak melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum, apalagi bersikap inkonstitusional,” ujar Said Aqil saat membacakan salah satu poin hasil kesepakatan bersama Lembaga Persahabatan Ormas Islam.

Menurut Said Aqil, pemilu merupakan bukti nyata bahwa bangsa Indonesia tetap berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI sebagai wujud mu’ahadah wathaniah atau kesepakatan nasional.

Karena itu, LPOI meminta agar masyarakat bersabar untuk menunggu hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilu yang dilakukan oleh KPU, sebagai satu-satunya lembaga yang diberi kewenangan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sejumlah ormas Islam tersebut yakni Nahdlatul Ulama (NU), Persatuan Islam (Persis), Al Irsyad AI-Islamiyyah, Mathlaul Anwar, Al-Ittihadiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Ikatan DAI Indonesia (IKADI), Azzikra, AI-Washliyah, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI),  Persatuan Umat Islam (PUI),  Himpunan Bina Mu’alaf,  Syarikat Islam Indonesia (SII)

Baca Juga :  Hukum Berjabat Tangan dengan Non-Muslim


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here