PBNU dan PP Muhammadiyah Sepakat Tolak Paham Khilafah

52
18459

BincangSyariah.com – PBNU dan PP Muhammadiyah sepakat menjaga persatuan umat Islam di Indonesia dari ancaman perpecahan termasuk paham khilafah. Kekhawatiran tersebut disebabkan banyaknya watak radikal, keras dan beringas bermunculan beberapa hari belakangan ini.

Oleh karena itu, Said Aqil Siraj selaku Ketua Umum Tanfidziyah PBNU mengajak seluruh elemen untuk menjaga itu semua agar tidak terjadi ancaman disintegrasi dan perang antarsaudara. Dan sebagai dua ormas terbesar di Indonesia, sudah seharusnya NU dan Muhammadiyah mengawal ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah.

“PBNU dan PP Muhammadiyah menolak sistem Khilafah di Indonesia. NU-Muhammadiyah juga sepakat untuk menjaga Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Menjaga konstitusi empat pilar, dulu sekarang dan seterusnya,” kata Said Aqil Siraj. Pernyataan itu disampaikan dalam konferensi pers pertemuan NU dan Muhammadiyah di kantor PP Muhammadiyah (31/10/18).

Dia mengatakan ada rencana dari salah satu pihak yang ingin menerapkan khilafah di Indonesia, dia berharap itu tidak akan pernah terjadi. NU dan Muhammadiyah akan mengambil peran untuk menangkal hal tersebut.

“Saya baca kalau gak salah 2024 harus sudah ada khilafah di ASEAN ini, termasuk di Indonesia. Mudah-mudahan ini tidak terjadi. Tidak akan terlaksana berkat ada NU dan Muhammadiyah sebagai ormas yang menjaga civil society,” kata Said Aqil Siraj.

Ia tidak segan menyebut sekelompok pihak tersebut sebagai HTI. Sebagaimana kita ketahui, HTI dianggap mengancam keutuhan NKRI sehingga ia diputuskan sebagai organisasi terlarang dan harus dibubarkan.

Sebagai tuan rumah pertemuan ini, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir juga mengungkapkan pihaknya bersama NU akan selalu mengajak segenap elemen bangsa untuk membangun komunikasi dan kerjasama sebagai perwujudan ukhuwah keumatan dan kebangsaan.

Baca Juga :  Ditanya Soal Ajakan Bergabung dengan HTI, Ini Jawaban Mencengangkan Buya Yahya

Tampak hadir dalam pertemuan itu, Wakil Ketua Umum PBNU H. Ma’shum Mahfudz, Ketua PBNU H. Robikin Emhas, Sekjen PBNU H. Helmy Faisal Zaini, Ketua PP Muhammadiyah K.H. Haedar Nashir, Sekjen PP Muhammadiyah H. Abdul Mu’ti dan beberapa pengurus organ kedua ormas.

52 KOMENTAR

  1. Libas para khilampret di negeri ini.. biang propaganda oemecah belah bangsa dan mencoba menggantikan idiologi yg sudah disepakati bersama para founfather..

  2. Bagus NkRI HARGA MATI
    pancasila finallll
    negara ini berbagai ras dan suku jg agama
    Ngapain khilapah khilapeh
    Yg mau khilapah ke arab aja

  3. Harus di tolak, ambil resiko tinggi, belajar dari timur tengah, jgn beli kucing dalam karung,mereka belajar agama yg di bahas cuma jihad mulu, sambil provokasi, tinggal nemu enak nya kok macam2.hargai tuh pahlawan yg sdh bertaruh nyawa.

  4. 1. Allah saja tdk memaksa kpd manusia
    untuk beragama
    2. Tentang amaliah : amalku ya amalku,
    amalmu ya amalmu.
    3. Kalau sudah beagama: bagiku
    agamaku bagimu agamamu.
    Dari 3 hal ini kalau sudah ada kesepakatan para pendiri negara ini. Semestinya para penerus tdk akan mengkhianati pendiri negara. Krn keilmuan, kearifan dan kealiman orang2 sekarang jauh dibawah para pendiri negara ini.

  5. Alhamdulillah NU dan MU bersatu, semoga ormas2 yg lain juga…
    Dawuh e Gus Dur hati2 sampai th 2030 indonesia akan ada banyak cobaan/ huru hara…sing ngati2 eleng lan was podo…
    Pada saat nya Indonesia akan mengalami masa ke jayaannya…

  6. Persatuan indonesia jelas lebih penting dari pada mendapatkan surga dari darah saudara sebangsa

    Kita harus membuka mata apa yg sudah dilakukan para penggila surga di timur tengah

  7. Alhamdulillah, bahas Khilafah, Khilafah adalah Janji Allah, Proyeknya Gusti Allah, hanyalah sia sia , upaya untuk menghadangnya apalagi Menolaknya, awas Kwalat mbah

  8. Kehadiran KHILAFAH ibarat terbitnya Matahari. Sekuat apapun anda untuk menangkalnya maka ia akan tetap terbit. Anda hanya menghabiskan energi. Allah kok dilawan. Naidzubillah menjadi penentang Allah. Apakah ada sejarahnya menang melawan Allah?????? Pikirkanlah

  9. Saya sendiri juga Sangat setuju keputusan NU dan Muhamadyah. Karenah tentu larangan tersebut demi ke nyamanan Bangsa. dan Saudarah kita yg ada Negara NKRI.Baik kaum minoritas maupun Mayoritas. Saya peribadi selaku pemeluk agama keristen Katolik mengucapkan terimakasih NU dan Muhaadyah.Şemoga selalu sepakat menjaga NKRI dan semua penganut yg ada di dlm NKRI

  10. Enak sekali ada yg bilang Nu dan Muhamadiyah menentang Allah, memang hanya kamu yang tahu hukum agama Islam, kyai di Nu dan Muhamadiyah nggak belajar…semakin lucu saja pembela2 khilafah…dan kenapa di daerah Timur Tengah ndak terlaksana sampai sekarang….

  11. Kejayaan Islam telah dijanjikan oleh Allah dengan seorang pemimpin di dunia ini… Kapan kita tunggu waktunya tiba… Tetap tawakal dan terus berjuang perbaiki keimanan dan perbanyak istighfar ….
    Waktu itu akan datang sekali pun banyak yg menghalanginya …
    Allahuakbar
    Allahuakbar
    Allahuakbar

  12. Orang yang ingin khilafah gak ngerti ajaran agama Islam.

    Dan goblok….!!. Contohnya di timur tengah, mereka bicara khilafah tapi akhirnya membunuh anak-anak, ulama dst. Kehancuran lah yang ada sebab kebodohan dan ketololan para pengusung khilafah terutama umat yang terbawa ikut-ikutan…

    Zaman sekarang ini tak akan ada khilafah. Sebab sdh ada hadist nya.

    Khilafah hanya akan ada ketika imam Mahdi di bai’at di Mekah.

    Orang yg ingin mendirikan khilafah di selain zaman imam Mahdi adalah pendusta semata.

    Umat Islam jangan tolol
    #tuman

  13. Khilafah itu ajaran Islam dan janji Allah pasti tegak, anda memusuhi Khilafah berarti anda memusuhi Allah, mampukah kalian melawan Allah.

  14. Knp khilafah ditolak??? Khilafah itu ajaran islam (Bisyaroh Rasulullah ﷺ) dan janji Allah pasti benar naudzubillah tinggal enak aj menolak hal tersebut, lalu dgn begitu nmanya anda tdk percaya akan janji Allah dan menentang perintah Allah,, Smga Allah tdk menurunkan murkanya kpd anda.. Rela mengadaikan Agama dan menentang perintah Allah hnya demi Dunia, percayakan takdir hnya kpda Allah bkn kpda Akal.

  15. Jangan dicampur adukan antara aturan beragama dg hukum agama.islam selalu toleran dg agama lain.jd janfan khawstir bagi minoritas

  16. Indonesia/NUsantara sudah punya ideologi “PANCASILA” kita tdk butuh ideologi asing. Usir radikkalisme dari NKRI . . . . . . . ok !!

  17. Indonesia/NUsantara sudah punya ideologi “PANCASILA” kita tdk butuh ideologi asing. Usir radikkalisme dari NKRI . . . . . . . ok !!

  18. Jangan memaksakan diri .. Sejak awal Para Pendiri Bangsa dan juga didukung oleh Para Ulama Besar bahwasanya Negara Republik INDONESIA itu mempunyai Ideologi dan Falsafah PANCASILA dengan Semboyan BHINNEKA TUNGGAL IKA dengan Ideologi dan Semboyan Bangsa itulah, Maka Negara Kesatuan Republik INDONESIA tetap ada dan Bersatu sampai sekarang ini.

    Bahwa oleh karena itu teman .. jangan mau diadu domba oleh siapapun juga yang ingin memecah belah Bangsa INDONESIA, ingat mereka yang memecah belah itu hanya ingin merebut kekuasaan secara tidak sah dan mereka yang mengadu domba itu ingin menjadi Pemimpin secara tidak sah dengan cara memperalat orang yang baik – baik, dengan cara dipuji – puji agar mau jadi alatnya, agar mau mengorbankan dirinya dengan janji surga, sehingga pengadu domba, dapat merebut kekuasaan secara tidak sah dengan tujuan menjadi orang yang paling berkuasa dari negara yang mereka incar

    Oleh karena itu teman jangan mau diadu domba, marilah Sudah saat sekarang ini Seluruh Rakyat INDONESIA yang mempunyai latar belakang sosial, agama, suku, Ras yang berbeda – beda, Tetap Bersatu padu Menjaga Keutuhan Bangsa INDONESIA demi Masa Depan yang Cerah Bagi anak Cucu kita semua

    Semoga ALLAH SWT Senantiasa Menjaga, Melindungi, Menghendaki dan MeRidhoi Negara Kesatuan Republik INDONESIA Menjadi Salah satu Bangsa Besar di dunia yang seluruh Rakyatnya Hidup Adil, Makmur dan Sejahtera Sampai Akhir Jaman .. AMIN YA ROBBAL ALAMIN

  19. Satu kan tekad satukan kebersamaan untuk negoro indonesia garuda terbanglah setinggi langit libas siap sj yg menghalangi untuk keutuhan NKRI
    M E R D E K A

  20. Kalau saya blm mempunyai ilmu sehebat mbah Hasyim Asy’ari, mbah Ahmad Dahlan, jadi ya saya ittiba’ ke beliau saja.
    Barang kali ada yg sdh melebihi kehebatan dan kealiman beliau berdua yg hafal Alquran, kutubut tis’ah, kitab2 fiqih, ushul fiqih, dan kitab2 yg lain punya pendapat, monggo…..

  21. Kàmi sngàt terharu dg pernyataan dr kdua ormas islam trbesar di negeri indonesia ini … yaitu . dg bersatuhx PB NU DAN PP MUHAMADYA . kmi sbgai seorg muslim yg cintai kdamaian sngat bersyukur dan berterimah ksh yg sebesar2x kpd kdua ormas tsbt . bgtu jg sdh tentu umat beragama lain dn kpercayaan lain ( non muslim ) sdh pasti kn sllu mendukung untuk membubarkn paham kilafah … smg Allah kn sllu melindungix Amin…

  22. Siapapun tanpa terkecuali yang ingin merubah dan mengganti pancasila adalah penghianat dan musuh negara yg harus dimusnahkan dari ibu pertiwi Indonesia ini. Itu sudah harga mati tidak ada tempat bagi mereka setitik pun di negara tercinta ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here