Atasi Karhutla, PBNU Ajak Warga Laksanakan Shalat Istisqa

0
63

BincangSyariah.Com – PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) menginstruksikan kepada warga untuk melakukan shalat istisqa, memohon pertolongan kepada Allah Swt untuk segera menurunkan hujan agar kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan segera berakhir.

Shalat Istisqa merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan guna meminta agar Allah Swt mendatangkan hujan. Istisqa disyariatkan dalam Islam ketika kondisi cuaca yang sangat panas dan hujan belum turun dalam waktu yang cukup lama. (Baca: Tata Cara Shalat IstisqaTata Cara Shalat Istisqa)

“Kepada Masyarakat, mari bersama-sama membangun solidaritas sosial untuk menghadapi bencana ini,” demikian himbauan dalam keterangan tertulis yang ditandatangani oleh Said Aqil Siroj, Ketua Umum PBNU dan Helmi Faishal Zaini, Sekjen BPNU, pada Senin (16/9/19).

PBNU berharap agar warga semakin sadar dan memahami bahwa kebakaran hutan yang terjadi adalah bagian dari perusakan lingkungan dan  tidak boleh terjadi lagi di Indonesia.

Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan, terutama menjaga udara yang bersih dan sehat, PBNU mengajak masyarakat untuk bersama-sama menggalakkan penanaman tanaman dan pohon dimulai dari sekitar rumah, lingkungan sekitar dan menghindari kegiatan yang menyebabkan polusi udara.

Nahdlatul Ulama telah menurunkan tim relawan NU Peduli untuk secara sistematis membantu menanggulangi kebakran hutan, terutama dalam kerja-kerja kemanusiaan, termasuk dalam melakukan upaya pemadaman dan pembagian masker. Selanjutnya, NU Peduli juga akan mendirikan pelayanan kesehatan termasuk safe house di beberapa titik daerah terdampak karhutla.

Baca Juga :  PBNU Minta Pemerintah Segera Tangani Asap Akibat Karhutla

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here