Pandangan Prof. Quraish Shihab tentang Khataman Al-Qur’an

0
128

BincangSyariah.Com – Memperbanyak membaca Al-Qur’an adalah amalan yang baik, khususnya di bulan Ramadan. Bahkan tidak jarang umat Muslim akan berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan yang suci ini.

Namun, Prof. Quraish Shihab memiliki pandangan lain terkait hal itu sebagaimana disampaikannya ketika bincang-bincang bersama putrinya Najwa Shihab di acara Shihab Shihab dan sekarang sudah hadir dalam bentuk buku.

Prof. Quraish Shihab berkata, “Khatam. Kalau Abi, seseorang itu membaca dan memahami sepuluh ayat lebih baik daripada membaca saja satu surah. Abi lebih senang satu orang dalam sehari membaca sepuluh ayat daripada dalam sehari seratus ayat tanpa dia pahami. Jadi, tadarus itu artinya belajar bersama, bukan hanya membaca bersama atau mendengar. Melihat, apa artinya. Jadi, sebaiknya, ambil terjemahan, ambil tafsir, baca satu ayat, pahami. Sepuluh ayat, alhamdulillah, dari pada membaca tanpa ada pemahaman.”

“Oke. Jadi, tidak perlu berlomba-lomba khatam?” Tanya Najwa Shihab.

“Tidak perlu berlomba-lomba khatam.” Jawab Abi Prof Quraish Shihab. Lebih lanjut, Prof Quraish menegaskan berlomba-lombalah untuk paham. Dan tadarus itu saling belajar. Jadi, saling belajar dan mengajar. Tadarus itu, ya belajar dan mengajar. Jadi, harus lebih dari satu orang.

Demikian pandangan Prof Quraish Shihab tentang pentingnya memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang kita baca. Meskipun hanya sedikit yang kita baca, tapi bisa sekaligus paham apa arti dan maksudnya.

Itu adalah hanya sebuah pandangan. Maka, kita pun dapat mengatur waktu khusus membaca Al-Qur’an dan menargetkan khatam misalnya di pagi hari. Dan waktu khusus lainnya untuk memahami ayat-ayat suci Al-Qur’an misalnya di malam hari. Semoga kita bisa terus istiqamah membaca dan memahami kitab suci Al-Qur’an. Aamiin. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Mengambil Nasehat dari Setan


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here