Palestina – Israel Bekerjasama Lawan Corona

4
1640

BincangSyariah.Com – Mengutip dari salah satu laman web, perseteruan Israel – Palestina hari ini berubah menjadi layaknya kita melihat sebagai dua negara sahabat yang sedang melakukan hubungan kerjasama internasional. Ketegangan kedua negara ini berubah sejak sepakat Palestina – Israel bekerjasama lawan Corona. Keduanya bahu membahu melawan Pandemi COVID-19 yang memang sedang mengguncang dunia saat ini. Dari laman nu.or.id menyimpulkan bahwa Israel dan Palestina sepkat melaksanakan bentuk kerjasama dalam memerangi Pandemi COVID-19.

Pertama, Kedua negara kompak menutup akses. Israel menutup akses masuk ke Kota Betlehem. Baik warga Israel maupun Palestina dilarang masuk atau keluar dari kota tersebut. Lembaga Israel yang bertanggung jawab atas kegiatan sipil di wilayah Palestina dan juga cabang dari Kementerian Pertahanan Israel, COGAT, mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dan berkoordinasi dengan otoritas Palestina untuk memerangi corona. “Semua warga Israel dan Palestina dilarang memasuki atau meninggalkan kota,” kata Kementerian Pertahanan Israel.

Yang Kedua, Memfasilitasi tempat tinggal sementara.  Israel  menyediakan tempat tinggal sementara untuk sekitar 70 ribu pekerja Palestina, setelah sebelumnya perbatasan Tepi Barat ditutup untuk mencegah penyebaran virus corona.

Seorang pejabat di Asosiasi Pekerja Konstruksi Israel, Shay Pauzner, menyebut, empat ribu perusahaan konstruksi telah berkoordinasi dengan Asosiasi Hotel Israel terkait dengan rumah sementara bagi 12 ribu pekerja asal Palestina tersebut. Perusahaan-perusahaan itu juga menyiapkan apartemen kosong untuk 28 ribu pekerja bangunan Palestina. “Pekerja Palestina merupakan tulang punggung konstruksi Israel. Tanpa mereka, kami tidak bekerja. Industri akan berhenti,” kata Pauzner, dikutip oleh Reuters. Selasa (24/3).

Kita patut bersyukur karena hal ini menjadi kerinduan kedua negara untuk tidak lagi berseteru, tidak lagi saling serang dan justru musibah (Pandemi COVID-19) yang menyatukan mereka. Semoga saja kerjasama ini tidak terputus dan patut ditiru oleh negara lain yang dulunya berseteru untuk bersatu.

Baca Juga :  Jaga Kesehatan dan Kebersihan; Dua Kunci Ajaran Islam Menangkal Covid-19

Melalui peristiwa ini kita dapat berefleksi bahwasanya Al Quran menyebutkan bahwa Allah SWT berfirman:

 إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ—الحجرات

 “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara. Oleh karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat”. (Q.S. al-Hujarat, 49:10)

Allah SWT menghimbau dan menyeru kita untuk mendamaikan saudara kita yang sedang berseteru. Mungkin dalam konteks ini ialah saudara dalam kemanusiaan layaknya Israel dan Palestina yang selama ini bukan lagi menjadi rahasia umum jika kedua belah pihak negara  selalu berseteru dengan hitungan waktu yang tidak sebentar. Kita bersyukur dan lega hati ketika mendengar peristiwa ini dan dikembalikan dalam untaian ayat yang menyejukkan untuk mengingatkan kita semua adalah saudara dalam kemanusiaan, sebagai mukmin yang bersaudara dan semoga kejadian ini (Kerjasama Israel –Palestine)  tidak dalam waktu yang sebentar pula. Aamiin allohuma aamiin.

Karena Allah SWT akan senantiasa mengasihi kita sebagaimana kita mengasihi sesama dan jika kita tidak mengasihi sesama maka Allah SWT juga tidak akan mengasihi kita.

4 KOMENTAR

  1. Susah nk percaya dgn israil ni.. Meraka ada niat tersendiri sebagaimana AS ingin membantu iran…
    ada jgk ayat al quran yg menyatakan jgn percaya kepada yahudi dan nasrani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here