Pahala Salat Isya dengan Berjamaah

0
353

BincangSyariah.Com – Salat Isya adalah salat yang memiliki waktu paling panjang di antara salat lainnya. Bisa dilaksanakan setelah berakhir waktu salat Maghrib, bisa juga dilaksanakan tengah malam. Namun masih ada saja sebagian golongan yang terlena dengan banyaknya waktu salat Isya, hingga membuatnya terlena dan tidak sempat menunaikan kewajiban salat Isya. Bisa dibilang jika salat Isya ini termasuk salat yang berat setelah salat Subuh. Tak heran jika Rasulullah berpesan dalam hadisnya,

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sesungguhnya salat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah salat Isya dan salat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657; Muslim no. 651)

Hadis tersebut sekadar mengingatkan bahwa seseorang yang masih memiliki sifat-sifat orang munafik akan merasa berat jika akan menunaikan salat isya. Perlu diingat, rasa berat itu hanya bagi mereka yang mengimani dengan lisan namun tidak membenarkannya dengan tindakan. Sehingga ia mengaku beriman, namun tidak menunaikan kewajibanya. Hal tersebut tentu berbeda dengan seseorang yang benar-benar mengimani Allah dengan segenap jiwa dan raga. Ia akan melaksanakan kewajibannya dengan dan menyempurnakan dengan sunah-sunahnya. Misalnya dengan menunaikan salat Isya dengan berjamaah.

Sebagaimana pesan Nabi dalam hadis di atas, mereka berbuat demikian (berat dengan kewajiban salat isya) karena tidak mengetahui keistimewaannya. Berbeda dengan seseorang yang telah mengetahuinya, ia akan berbondong-bondong dan terus berusaha untuk menyempurnakan dengan kesunahannya. Nyatanya salat Isya dengan berjamaah jauh lebuh indah daripada dengan salat Isya sendirian. Pahala salat Isya – yang diberikan Allah – sama dengan orang yang salat malam selama separuh malam. Salat malam yang biasa dilakukan hanya beberapa menit saja masih terasa berat, dan ini pahala salat malam selama separuh malam diberikan kepada siapa saja yang melaksanakan salat Isya dengan berjamaah. Seirama dengan sabda Nabi di bawah ini:

Baca Juga :  Cyberstalking Menurut Islam

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

Barangsiapa yang shalat Isya` berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here