Inilah Orang yang Pertama Kali Masuk Surga

3
2926

BincangSyariah.Com – Setiap orang mengharapkan meninggal husnulkhatimah dan masuk surga. Bagi orang yang memiliki banyak amal saleh yang dilakukannya dengan ikhlas, ia akan masuk surga atas izin Allah. Sebaliknya, orang yang mempunyai dosa itu akan terlebih dahulu masuk neraka, dan nantinya akan masuk surga setelah dosanya habis. Hal ini selagi ia beriman pada Allah dan rasul-Nya. Sebagian kita mungkin akan bertanya-tanya, siapakah nanti orang yang pertama kali masuk surga?

Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik yang pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda.

أَنَا أَوَّلُ النَّاسِ يَشْفَعُ فِي الْجَنَّةِ، وَأَنَا أَكْثَرُ الأَنْبِيَاءِ تَبَعاً

Saya itu orang yang pertama kali dapat memberikan syafaat di surga, dan nabi yang paling banyak pengikutnya (HR Muslim).

Menurut ulama, penghuni surga itu akan diisi oleh dua pertiga umat Nabi Muhammad. Jika Nabi Muhammad itu nabi yang pertama kali memberikan syafaat, apakah ini juga berarti Nabi Muhammad merupakan orang yang pertama kali masuk surga?

Jawabannya adalah iya. Nabi Muhammad merupakan manusia yang akan masuk surga untuk pertama kalinya.

Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik, Rasulullah saw. bersabda.

آتِي بَابَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، فَأَسْتَفْتِحُ، فَيَقُولُ الْخَازِنُ: مَنْ أَنْتَ؟ فَأَقُولُ: مُحَمَّدٌ. فَيَقُولُ: بِكَ أُمِرْتُ لاَ أَفْتَحُ لأَحَدٍ قَبْلَكَ

Aku mendatangi surga tanpa susah payah di hari kiamat nanti, dan meminta dibukakan pintu surga. Penjaga surga bertanya, “Siapa Anda?” “Aku Muhammad,” kata Nabi. Penjaga surga itu pun mempersilakan sambil berkata, “Aku diperintah hanya membukakan pintu surga untukmu sebelum orang lain memasukinya” (HR Muslim).

Menurut Syekh al-Munawi dalam Faidhul Qadir, penjaga surga yang dimaksud adalah malaikat Ridwan, malaikat yang memimpin para malaikat penjaga surga.

Baca Juga :  Ancaman bagi Pemimpin yang Tidak Mementingkan Rakyat Kecil

Dalam riwayat lain, sahabat Anas bin Malik juga menceritakan bahwa Nabi Muhammad saw. pernah bersabda.

أنا أكثر الناس تبعاً يوم القيامة، وأنا أول من يقرع باب الجنة

Saya itu nabi yang paling banyak pengikutnya di hari kiamat nanti. Saya orang yang pertama kali mengetuk pintu surga (HR Muslim).

Bahkan umat Nabi Muhammad juga termasuk golongan yang akan masuk surga pada kloter pertama.

Diriwayatkan dari Umar bin Khattab yang mendengar Rasulullah saw. bersabda.

إن الجنة حرمت على الأنبياء كلهم حتى أدخلها، وحرمت على الأمم حتى تدخلها أمتي

Surga itu tak boleh dimasuki seluruh Nabi sampai aku memasukinya. Surga pun tak boleh dimasuki umat nabi manapun sebelum umatku memasukinya (HR Daruqutni).

Tentu saja ini bila Nabi Muhammad mengakui kita sebagai umatnya. Kita yang merasa sebagai umatnya, apakah sudah sering membaca shalawat dan melakukan sunah-sunah Nabi? Wallahualam.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here