Orang yang Paling Kuat Menurut Nabi

0
2514

BincangSyariah.Com – Umumnya badan yang kuat identik dengan tubuh yang kekar, badan tegap, dan berotot. Layaknya pegulat dan petinju handal yang siap bertarung dengan lawannya. Namun, orang yang paling kuat menurut Nabi saw. bukanlah seperti itu. Hal ini sebagaimana disabdakan dalam riwayat-riwayat sebagaimana berikut.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ (رواه البخاري ومسلم)

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, sungguh orang yang kuat adalah yang mampu menguasai dirinya ketika marah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

عَنْ أَبَيْ هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ». قَالُوا فَالشَّدِيدُ أَيُّمَ هُوَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ ». (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat.” Para sahabat pun bertanya, “Lalu orang yang paling kuat itu yang seperti apa wahai Rasulullah?.” Beliau bersabda, “Orang yang mampu menguasai dirinya ketika marah.” (HR. Muslim)

 عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا تَعُدُّونَ الرَّقُوبَ فِيكُمْ ». قَالَ قُلْنَا الَّذِى لاَ يُولَدُ لَهُ. قَالَ«لَيْسَ ذَاكَ بِالرَّقُوبِ وَلَكِنَّهُ الرَّجُلُ الَّذِى لَمْ يُقَدِّمْ مِنْ وَلَدِهِ شَيْئًا ». قَالَ « فَمَا تَعُدُّونَ الصُّرَعَةَ فِيكُمْ ». قَالَ قُلْنَا الَّذِى لاَ يَصْرَعُهُ الرِّجَالُ.قَالَ « لَيْسَ بِذَلِكَ وَلَكِنَّهُ الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ ». (رواه مسلم)

Dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, (Suatu hari) Rasulullah saw. bertanya, “Menurut kalian, siapa orang yang mandul itu ?‘Abdullah bin Mas’ud mengatakan, ‘Kami menjawab, ‘Orang yang tidak mempunyai anak’. Beliau bersabda, “Orang yang mandul itu bukan demikian. Akan tetapi orang yang mandul itu adalah seorang laki-laki yang tidak mampu memberikan apapun kepada anaknya.” Beliau bertanya lagi, “Menurut kalian siapa orang yang kuat?” ‘Abdullah bin Mas’ud r.a. mengatakan, ‘Kami menjawab, ‘Orang yang kuat adalah lelaki yang tidak terkalahkan’. Beliau bersabda,“Orang yang kuat adalah orang yang dapat menguasai dirinya ketika marah.” (HR. Muslim)

Baca Juga :  Kata Nabi, Dunia adalah Penjara Umat Islam

Berdasarkan riwayat-riwayat tersebut, maka Nabi saw. telah menegaskan kepada umatnya bahwa orang paling kuat bukanlah yang pandai bergulat sehingga tak terkalahkan. Tetapi orang yang mampu mengendalikan dirinya ketika ia marah.

Imam Ibnu Hajar di dalam kitabnya Fathul Bari mengutip pendapat imam Ibnu Battal tentang hadis tersebut. Menurut imam Ibnu Battal, hadis tersebut menunjukkan bahwa berjuang mengendalikan nafsu itu lebih berat dari pada berjuang melawan musuh. Oleh karena itu Nabi saw. menjadikan orang yang dapat mengendalikan nafsunya (dirinya) ketika marah sebagai manusia yang paling kuat.

Sedangkan imam Ibnu Hajar sendiri berkomentar bahwa musuh terbesar bagi seseorang adalah syaithan yang ada pada dirinya dan nafsunya. Sementara marah itu timbul dari keduanya. Oleh karana itu, maka siapa yang bisa berjuang melawannya sampai bisa mengalahkannya disertai juga dengan melawan nafsunya dari syahwat (keinginan-keinginan) maka ialah yang paling kuat.

Memang musuh terbesar adalah melawan diri sendiri, khususnya ketika marah. Meskipun berat, tetapi hal itu bisa dilatih dengan terus menerus mengendalikan dan menahan diri untuk terbawa emosi. Sehingga kita dapat tergolong orang yang paling kuat menurut Nabi saw. Wa Allahu A’lam bis Shawab.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here