Orang Tua Meninggal dalam Keadaan Marah, Apakah Anak Bisa Mendapatkan Ridhanya?

0
1285

BincangSyariah.Com – Orang tua adalah orang paling berjasa dalam kehidupan kita. Karenanya perintah untuk selalu membahagiakan keduanya tertulis dalam Alquran dan hadis. Bahkan setitik kata yang menggores hati mereka bisa menutup pintu surga-Nya.

Ini semua menunjukkan betapa kedudukan orang tua dalam Islam sangat agung. Dalam Alquran bahkan perintah untuk bersyukur kepada Allah disandingkan dengan rasa terima kasih kita terhadap orang tua. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Luqman: 14

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Artinya: Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Luqman: 14)

Berdasarkan ayat di atas, sesungguhnya tidaklah sempurna rasa syukur seorang hamba kepada tuhannya kecuali jika dia juga merasa bersyukur terhadap kedua orang tuanya. Sebaliknya, jika seorang menyakiti hati kedua orang tua dan membuat keduanya merasa tidak ridha, maka Allah juga tidak akan memberikan keridhaan-Nya.

Lalu bagaimana jika kedua orang tua meninggal dalam keadaan tidak ridha kepada anak-anaknya? Bisakah sang anak mendapatkan ridhanya kembali?

Dalam Tanbihul Ghafilin, Abu Laist as-Samarqandi mengatakan untuk mendapatkan ridha orang tua yang meninggal dalam keadaan marah terhadap anak bisa dilakukan dengan tiga hal

Pertama. Jika Anak pada dasarnya merupakan anak yang saleh. Sebab anak yang saleh adalah amal jariyah orang tua. Sehingga orang tua akan mendapatkan pahala atas amal saleh yang dilakukan anaknya.

Kedua. Menyambung tali silaturahmi dengan sanak saudara dan teman kedua orang tua. Sebab Termasuk ciri akhlak anak saleh adalah meneruskan hubungan baik yang telah ditinggal kedua orang tuanya. Dengan demikian, semoga ridha kedua orang tua akan didapat.

Baca Juga :  Al-Ghazali dan Soal Pembelaan terhadap Ideologi Negara

Ketiga. Memohon ampun untuk kedua orang tua, mendoakan mereka serta bersedekah atas nama mereka. Ketika telah meninggal, orang tua tidak bisa lagi melakukan amal saleh dan memperbaiki penghidupannya di akhirat. Sehingga merupakan tugas anak-anak mereka yang bisa melakukan hal tersebut.

Demikianlah hal-hal yang bisa membuat ridha kedua orangtua didapatkan kembali. Wallahu’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here