Orang Indonesia Belajar Bahasa Arab, Buat Apa?

0
1376

BincangSyariah.Com – Kita orang Islam di Indonesia ini kalau pun harus belajar bahasa Arab, sebenarnya buat apa sih? Untuk memahami Alquran, maka sekedar belajar bahasa Arab saja sebenarnya jauh dari cukup. Mengapa demikian?

Karena Alquran itu bukan buku biasa yang sekadar diterjemahkan, lantas kita langsung tahu maknanya. Alquran itu adalah kitab yang sangat tinggi nilai sastranya, tetapi di dalamnya juga banyak kandungan hukum.

Oleh karena itu untuk mengenal dan mengetahui isi Alquran, setidaknya seseorang itu harus pandai dalam sastra Arab, bukan sekedar bisa grammar bahasa Arab. Selain itu dia juga harus pakar dalam bidang hukum agama. Karena dalam memahami teks itu harus menggunakan logika hukum.

Jadi kalau kita belajar bahasa Arab sebagai pemula sekedar belajar Nahwu dan Shorof begitu saja, jangan dulu merasa sudah mengerti Alquran. Itu baru 0,001 satu persen saja dari langkah-langkah jauh nanti untuk bisa mengerti isi Alquran.

Lalu guru yang mengajar bahasa Arab juga jangan terlalu muluk-muluk memberi janji. Jangan pasang iklan seolah-olah kalau sudah ikut les bahasa Arab dengan kami, pastilah menjadi orang yang mengerti Alquran. Itu agak menipu.

Buktinya sederhana saja. Dari 1,5 miliar muslim di dunia, 300 juta mereka berbahasa Arab. Lalu apakah mereka itu otomatis dicatat sebagai orang-orang yang paham Alquran?

Nggak juga kan?

Kalau mau paham Alquran kuncinya adalah belajar Ilmu Alquran dan Tafsir. Disingkat IAT.

Baca Juga :  Tips Membersihkan Hati Menurut Ibnu al-Qayyim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here