Orang Baik dan Orang Jahat Selalu Ada di Tiap Zaman

1
387

BincangSyariah.Com – Kadang kita merasa tidak puas dengan kondisi zaman, merasa banyak sekali orang yang tidak baik bahkan orang jahat. Bukannya tidak ada orang baik, tapi rasanya orang yang tidak baik ini jumlahnya lebih banyak dan mendominasi.

Al-Habib ‘Abdullah al-Haddad dalam al-Fushūl al-‘Ilmiyyah wa al-Uṣūl al-Ḥikamiyyah punya nasihat yang kira-kira pesannya sama seperti itu. Ia menyatakan,

الأزمنة لم تزل قديما وحديثا فيها الخير والشر وتشتمل على الأخيار والأشرار، وأهل الصلاح وأهل الفساد

Sepanjang zaman, dahulu dan sekarang, selalu ada kebaikan dan kejahatan. Di dalamnya, ada orang baik dan orang jahat, orang salih dan pelaku maksiat.  

Selanjutnya, karena di setiap zaman selalu ada orang baik dan orang jahat, maka untuk menilai kondisi zaman adalah dengan melihat lebih banyak mana antara kedua kelompol manusia itu.

Jika yang umum di suatu masa/zaman penduduknya yang salih, hobi berbuat baik, dermawan, dan berpegang kebenaran, dan syiar mereka terlihat, maka kondisi itu disebut sebagai zaman yang baik. Zaman yang baik itu seperti zaman Rasulullah dan para Khulafa al-Rayidin. Di masa itu, kerusakan, kebatilan, dan para pelakunya terkalahkan oleh orang-orang baik.

Sebaliknya, jika yang menyebar luas adalah hal buruk dan kerusakan, dan kebaikan menjadi hal yang langka serta orang-orang baik jumlah sedikit dan mereka menyembukan diri, maka zaman itu dapat disebut sebagai zaman yang buruk dan penuh fitnah. Bisa juga disebut zaman angkara murka, zaman penuh bala.

Karena itu, meskipun setiap zaman ada yang baik dan buruk, ada orang baik dan orang jahat, tapi sebuah zaman kita bisa nilai baik atau buruk lewat lebih banyak mana kondisi manusianya, manusia yang baik atau yang buruk.

Baca Juga :  Dua Pembagian Bid'ah Menurut Imam Suyūṭī

 

Lanjut beliau (Habib Abdullah al-Haddad), zaman sekarang lebih dominan keburukan dan orang-orang jahat. Sementara kebaikan dan kesalihan adalah hal yang jarang, dan orang-orang baik lagi salih juga sama, sedikit. Wallahu A’lam



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

1 KOMENTAR

  1. Ada yg bisa bantu saya rajin sholat ngaji dan sabar baik hati tapi kok sial terus banyak masalah dan musibah cara menanganinya gimana ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here