Nikmat yang Harus Disyukuri Melebihi Nikmat Duniawi

0
1207

BincangSyariah.Com – Salah satu tips untuk menghadirkan rasa syukur adalah hendaknya kita memperhatikan orang-orang yang lebih rendah dalam hal akal, nasab, harta, dan nikmat lainnya. Jika hal tersebut dilakukan terus menerus, tentu akan memupuk rasa syukur pada-Nya. Keteranagn tersebut sudah banyak dipraktikkan oleh sebagian orang, dan memang hasilnya adalah nyata adanya. Tips yang demikian ampuhya berasal dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dia berkata, Rasulullah bersabda:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اُنْظُرُوْا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ، وَلاَ تَنْظُرُوْا إِلَى مَنْ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوْا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ

Lihatlah kepada orang-orang yang lebih rendah daripada kalian, dan janganlah kalian melihat kepada orang-orang yang berada di atas kalian, karena yang demikian itu lebih patut bagi kalian, supaya kalian tidak meremehkan nikmat Allâh yang telah dianugerahkan kepada kalian.” (HR Bukhari)

Tips di atas merupakan langkah cerdas untuk menghadirkan syukur dalam diri setiap insan. Sebba jika tidak, maka yang ada adalah pribadi yang terus kurang dan tidak pernah puas dengan yang ada. Dan dari sekian banyak nikmat Allah yang perlu disyukuri, ada dua hal yang dianjurkan untuk mensyukurinya di atas syukur dalam menikmati materi duniawi. Dua hal itu apa sajakah? Dalam kitab Hilyatul Auliya karya Abu Nu’aim al Ashbahani disebutkan:

كن لنعمة الله في دينك أشكر منك لنعمة الله عليك في دنياك

Bersyukurlah atas nikmatt Allah berupa kau diberinya iman dan dimudahkan beribadah serta beramal shaleh melebihi syukurmu atas nikmat berupa materi duniawi

Dua hal yang syukurnya dianjurkan melebihi syukur nikmat materi duniawi adalah nikmat iman dan dimudahkan dalam beramal shaleh. Nikmat iman dan dimudahkan dalam beramal shaleh adalah dua nikmat yang kenikmatamnnya membuat kita nagih akan hal-hal yang berbau kebaikan. (Doa Agar Terhindar dari Hilangnya Nikmat Sehat)

Baca Juga :  Jangan Lalai Ibadah Saat Nikmat Dunia Menumpuk, Ini Akibatnya

Mungkin  shalat, berpuasa, menolong orang lain bisa menjadi berat bagi sebagian orang yang belum mendapatkan nikmat iman dan dimudahkan beramal shaleh. Sehingga untuk melakukan tiga hal tersebut masih terbilang berat dan kadang tidak terpikirkan sama sekali dalam hidupnya,  padahal ketiganya merupakan ibadah yang memiliki khasiat tersendiri. Berbeda dengan seseorang yang telah dilimpahkan nikamt iman dan dimudahkan dalam beramal shaleh, hal-hal yang baik tersebut adalah candu yang menyejukkan.

Oleh sebab itu barangsiapa yang mendapati nikmat dan dimudahkan dalam beramal shaleh, maka bersyukurlah melebihi syukurnya nikmat duniawi.  Karena nikmat dua tersebut sungguh nikmat yang luar biasa, dan tidak semua orang bisa mendapatinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here