Nasihat Ulama Agar Selamat dari Azab Allah

0
1077

BincangSyariah.Com – Azab adalah siksaan yang dihadapi manusi atau makhluk Tuhan lainnya sebagai akibat dari kesalahan yang pernah dilakukan. Berbagai acara di televisi banyak yang sudah menayangkan berbagai azab Allah yang banyak menyita perhatian masyarakat Indonesia. Tontonan tersebut menyadarkan kita untuk terus berupaya agar bisa selamat dari azab Allah, di dunia dan akhirat.

Muhammad bin Ka’ab dalam kitab Al Muntazham menuliskan sebuah trik agar kita bisa selamat dari azab Allah. Dalam kitab tersebut dikatakan:

وقال محمد بن كعب إن أردت النجاة من عذاب الله فليكن كبيرا المسلكين عندك أبا وأوسطهم أخا وأصغرهم عندك ولدا

Jika kau menginginkan dirimu selamat dari azab Allah, maka pandanglah yang sudah tua sebagai ayah, yang muda sebagai saudara, dan yang masih kecil sebagai anak.

Bagi kita yang memang sedang berupaya untuk bisa selamat dari azab Allah, trik tersebut sangatlah membantu. Jika yang sudah tua dipandang sebagai ayah, tentu kita akan selalu menghormati mereka yang lebih tua dari kita. Begitupun dengan yang muda, jika kita memandangnya sebagai saudara tentu kita akan memuliakannya. Dan jika teruntuk yang masih kecil kita menganggapnya sebagai anak, maka tentu kita akan menyayangi mereka.

Trik yang disebutkan oleh Muhammad bin Ka’ab tersebut mengajarkan sebuah akhlak yang sangat mulia, dan hal tersebut sangat dianjurkan dalam dalam Islam. Sebagaimana Rasulullah mengajarkan kita sebuah etika ketika bergaul dengan siapapun. Dalam hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا وَيُوَقِّرْ كَبِيرَنَا “

“Bukan golongan kami orang yang tidak menyayangi yang lebih muda atau tidak menghormati yang lebih tua.”

Demikianlah Islam mengajarkan akhlak mulia, saling menghormati, dan menyayangi antar sesama, guna menghadirkan rasa persaudaraan dan persatuan diantara kaum muslimin. Dan rupanya potret pergaulan yang seperti itu juga merupakan sebuah kebiasaan yang bisa menyelamatkan kita dari azab Allah.

Baca Juga :  Terkait Putusan MK, Ini Petunjuk Hadis Nabi dalam Menyikapi Keputusan Hakim

Semoga trik yang dituliskan oleh Muhammad bin Ka’ab tidak sulit dipraktekka bagi siapa saja yang benar menginginkan keselamatan dari azab Allah. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi kebiasaan kita yang bisa memperat ukhuwah dan kita bisa selamat dari azab Allah. Amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here