Nasihat Nabi untuk Penyebar Hoax dan Ujaran Kebencian

0
583

BincangSyariah.Com – Dunia digital semakin tidak dapat dibendung lagi. Semua orang dapat mengakses berita dengan sangat cepat dari mana pun dan siapa pun. Dan semua orang pun dapat mengomentari dan menyebarkan berita itu dengan leluasanya. Padahal tidak jarang berita itu berisi tentang hoax dan ujaran kebencian. Maka, dalam hal ini sebaiknya kita renungkan Nasihat Nabi untuk penyebar hoax dan ujaran kebencian sebagai berikut.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «لاَ تَحَاسَدُوا وَلاَ تَنَاجَشُوا وَلاَ تَبَاغَضُوا وَلاَ تَدَابَرُوا وَلاَ يَبِعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ وَكُونُوا عِبَادَ اللَّهِ إِخْوَانًا. الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يَخْذُلُهُ وَلاَ يَحْقِرُهُ. التَّقْوَى هَا هُنَا ». وَيُشِيرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ « بِحَسْبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ دَمُهُ وَمَالُهُ وَعِرْضُهُ.

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Janganlah kalian saling mendengki, saling menipu, saling membenci, saling membelakangi (tidak mau menyapa), dan janganlah sebagian dari kalian membeli barang yang telah dibeli orang lain. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.

Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, tidak boleh menzaliminya, tidak mau menolongnya, dan menghinanya. Taqwa itu di sini, (beliau sambil menunjuk ke dadanya hingga tiga kali). Cukuplah seseorang dikatakan jelek jika ia menghina saudaranya sesama muslim. Darah, harta, dan kehormatan setiap muslim adalah haram bagi muslim yang lain.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadis tersebut, Rasulullah saw. mengingatkan kita agar selalu berakhlak yang baik dengan orang lain. Khususnya kepada sesama muslim. Bahkan beliau menegaskan bahwa seorang muslim dengan muslim lainnya adalah saudara. Di mana sangatlah tidak pantas jika sesama saudara sendiri saling mendengki, menipu, membenci, tidak mau saling sapa, menzalimi, tidak mau saling tolong menolong, dan malah saling hina menghina.

Baca Juga :  Tiga Macam Jenis Kisah di dalam Al-Qur'an

Rasulullah saw. juga mengingatkan kita bahwa orang yang taqwa, yang takut kepada Allah swt. itu tidak akan melakukan hal-hal yang hal-hal buruk tersebut. Karena pastinya orang yang bertaqwa senantiasa diawasi oleh Allah swt. sehingga ia tidak akan berani melakukan tindakan yang dilarang oleh Allah swt. Khususnya menyebarkan berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here