Nasehat Bijak Gus Mus untuk Pihak yang Menang dan Kalah dalam Pemilu

0
1176

BincangSyariah.Com – Meskipun KPU belum merilis siapa pemenang resmi pemilihan presiden tahun ini, sudah banyak hasil sementara perhitungan cepat dari sejumlah lembaga survey yang mengundang berbagai reaksi masyarakat.

Untuk itu, KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus, berharap agar masayrakat dapat menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi. Bahwa siapa pun pasangan paslon yang terpilih nanti dan telah ditetapkan secara resmi oleh pihak penyelenggara Pemilu, agar masyarakat dapat menerimanya.

Lebih jauh, Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin Leteh, Rembang, Jawa Tengah itu juga menyampaikan bahwa kemenangan tidak harus direspon dengan hura-hura atau euforia berlebihan. Hal itu untuk menjaga perasaan pihak yang kalah.

“Kita sudah berkali-kali melaksanakan pemilu-pemilu seperti ini. Jadi tidak akan kaget lagi. Jadi kalau kita tasyakuran bukan tasyakuran calon, tapi tasyakuran untuk Indonesia,” tutur Gus Mus dalam laman NUOnline.

Jika pun ada euforia atau tasyakuran yang digelar, harus diarahkan agar tasyakuran tersebut untuk menyelamati kemenangan Indonesia bukan kemenangan pihak paslon tertentu saja. Sebab Pilpres adalah pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia. Tidak hanya segolongan atau sebagian masyarakat.

“Siapa pun yang menang, nggak usah hura-hura, euforia nggak usah. Diam-diam saja, nggak usah diperlihatkan. Kenapa, untuk menjaga perasaan pihak yang kalah. Jadi yang satu legowo, yang satu tidak euforia,” ujar Gus Mus, Rabu (17/4) di Rembang.

Menurut Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu, sudah saatnya euforia kemenangan pilpres perlu diubah. Yaitu dengan memaknainya sebagai kemenangan rakyat Indonesia yang mendapatkan pemimpin pilihan rakyat.

“Sama kalau demokrasi rapat, masing-masing bisa menyampaikan pendapat, silakan. Tapi nanti kalau sudah didok (diputuskan), semua harus sudah ikut. Kalau masih ada yang protes, dia kurang belajar demokrasi. Mudah-mudahan masyarakat kita sudah matang dalam berdemokrasi,” harap Gus Mus.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here