Mungkinkah Melihat Allah dalam Mimpi?

0
390

BincangSyariah.Com – Dalam keadaan tidur, mungkinkah kita melihat Allah dalam mimpi? Jawabannya: “ya, mungkin”. Logikanya sederhana, karena jika dalam keadaan sadar saja hal itu tidak mustahil, apalagi di alam mimpi yang lebih “luas” dari pada alam nyata.

Di dalam kitab Sirajuth-Thalibin karya Kiai Ihsan Jampes, diriwayatkan bahwa Imam Ahmad bin Hanbal bermimpi berjumpa dengan Allah Swt. sembilan puluh sembilan kali. Sampai beliau bersumpah, “Jika aku melihat-Nya lagi untuk yang keseratus kali, aku akan bertanya pada-Nya, apa hal yang dilakukan oleh para muqarrabin untuk mendekatkan diri kepada-Nya.”

Dan, benar saja, Imam Ahmad mengalami mimpi tersebut untuk yang keseratus kalinya. Sesuai sumpahnya, ia menanyakan apa yang dilakukan oleh para muqarrabin untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Allah menjawab, “Dengan membaca kalam-Ku.”

“Baik memahami maknanya ataupun tidak?” Imam Ahmad hendak memastikan.

“Dengan memahami ataupun tidak.”

Syekh Ihsan Jampes juga menukil riwayat yang menjelaskan bagaimana jawaban Imam Ahmad setelah ditanya bagaimana beliau melihat-Nya.

Imam Ahmad menjawab: “Penglihatan mataku berbalik ke dalam mata batinku, lantas seluruh tubuhku menjadi indera penglihatan. Maka aku melihat Ia Yang Tiada Duanya.”

Kesimpulannya, mayoritas ulama menyatakan bahwa tidak ada alasan untuk menganggap mustahil melihat Allah Swt., baik di tengah mimpi atau tersadar. Di dunia maupun di akhirat. Wallahu A’lam.

Baca Juga :  Kiai Ali Mustafa Yaqub; Agama Bukan Penyebab Perang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here