Mungkinkah Kita Bertemu Arwah Orang Meninggal dalam Mimpi?

0
894

BincangSyariah.Com – Mungkin ada di antara kita yang pernah memimpikan keluarga atau teman yang telah meninggal. Kemudian setelah terbangun dari tidur, kita mungkin bertanya-tanya benarkah yang kita jumpa dalam mimpi adalah arwah keluarga kita?

Ibnu Qayyim menjelaskan dalam kitab al-Ruh, ditemukan banyak pendapat ulama yang mengatakan bahwa bisa saja ruh orang yang masih hidup berjumpa dengan ruh orang yang telah meninggal dalam mimpi. Bedanya setelah terbangun, ruh orang hidup kembali ke tubuhnya.

Akan tetapi perkara ghaib tersebut tidak bisa dipastikan, karena hanya Allah saja yang mengetahuinya dan ilmu mengenai ruh sedikit. Sebagaimana dikatakan dalam Alquran.

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ ۖ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا

Artinya; Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah: “Ruh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit”.(QS. al-Isra; 85)

Namun dalam sebuah hadis Rasulullah pernah menjelaskan tentang ruh, bahwa mereka bisa saja saling bertemu. Baik ruh orang hidup dengan orang meninggal, atau sesama ruh orang hidup yang sama-sama sedang tidur. Dalam riwayat Muslim disebutkan bahwasanya Rasul bersabda

الأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ

“Ruh-ruh itu berkelompok. Mereka yang cocok akan berkumpul, dan yang tidak cocok akan berselisih” (HR. Bukhari & Muslim)

Berdasarkan hadis tersebut, Ibnu Qayyim mengatakan bahwa bisa saja hal tersebut terjadi, bertemu arwah orang yang telah meninggal dalam mimpi.

Akan tetapi perlu diingat bahwasanya mimpi itu bermacam-macam. Bisa saja mimpi itu benar, atau terkadang mimpi itu hasil dari rekayasa setan berdasarkan yang ingin memperdaya manusia, atau bisa juga karena keadaan kejiwaan sesorang yang baru saja ditinggal orang terdekatnya sehingga kesedihan tersebut terbawa dalam mimpi.

Baca Juga :  Ini yang Harus Dilakukan Saat Mimpi Baik atau Buruk

Wallahu’alam.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here