Muncul Gerakan Jumat Berhijab Pasca Serangan Teror di Selandia Baru

2
490

BincangSyariah.Com – Simpati dan dukungan terus berdatangan dari seluruh warga kiwi, sebutan untuk masyarakat Selandia Baru, terhadap komunitas muslim atas peristiwa terorisme yang terjadi di Christchurch pada jumat lalu.

Kiwi dari seluruh agama akan menggelar gerakan jumat berhijab sebagai bentuk soladaritas dan duka cita atas meninggalnya 50 warga muslim pada insiden yang terjadi di dua masjid tersebut. Dengan mengangkat tagar #headscarfforharmony, aksi tersebut akan berlangsung pada Jumat mendatang.

Gerakan ini digagas oleh Thaya Ashman. Wanita yang merupakan dokter umum di klinik Mount Eden Village Doctors, Auckland. Ia memiliki kedekatan dengan umat Islam sejak menjadi dokter relawan di Afghanistan

“Kami ingin menunjukkan cinta dan dukungan kami, serta duka kami karena kehilangan 50 ibu, ayah, anak, kolega dan teman-teman setelah serangan teroris pada Jumat lalu di Christchurch,” ujar Thaya.

Dengan gerakan tersebut Thaya berharap dapat mengurangi ketakutan para wanita muslim yang merasa khawatir jika keluar rumah menjadi target terorisme. Terlebih Thaya juga ingin menunjukkan bahwa mereka tidak sendiri melawan aksi terorisme itu.

“Saya mendengar kisah wanita ketakutan yang bersembunyi di dalam rumah, terlalu takut ketika keluar ke jalanan lantaran merasa jilbabnya menjadi pertanda bahwa dia merupakan target terorisme,” kata dia.

Saat gerakan Jumat Berhijab Jumat besok, warga akan diajak berkumpul bersama mengambil foto dengan teman dan rekan di tempat kerja, sekolah atau tempat bermain lalu membagikannya lewat media sosial dengan menyertakan tagar #headcarfforharmony. Baik pria dan wanita dapat berpartisipasi dalam aksi solidaritas itu baik dengan menggunakan syal, scraft, selendang atau lainnya.

Gagasan ini kemudian mendapat sambutan hangat dari Komunitas Muslim di Selandia Baru, beberapa pemimpin dari Dewan Wanita Islam di sana mengaku merasa tersentuh dengan perhatian para warga tersebut. Salah satunya Presiden Asosiasi Wanita Muslim Selandia Baru, Ikhlaq Kashkari, yang menyebut gagasan itu sebagai ide yang cemerlang.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here