Wakaf Tanah Kuburan untuk Satu Suku Saja, Apakah Boleh?

0
29

BincangSyariah.Com – Di daerah tertentu pernah dijumpai sebuah kuburan yang hanya khusus digunakan untuk suku tertentu, sementara di luar suku tersebut tidak boleh dikuburkan di tempat tersebut. Menurut penuturan seorang warga setempat, pemilik tanah kuburan tersebut merupakan tokoh suku dan dia mewakafkan dan membolehkan hanya dari anggota sukunya saja yang boleh dikuburkan di tempat tersebut. Sebenarnya, bagaimana hukum wakaf tanah kuburan hanya untuk satu suku saja, apakah boleh?

Menurut para ulama, ketika seseorang mewakafkan sebidang tanah untuk dijadikan kuburan, maka idealnya kuburan tersebut menjadi kuburan umum. Artinya, siapapun boleh dikubur di tanah tersebut, tanpa memandang suku, ras, jenis kelamain, status sosial dan lainnya. Selama beragama Islam, seharusnya boleh dikuburkan di atas tanah yang diwakafkan untuk kuburan.

Namun jika pemilik tanah mewakafkan tanahnya untuk menjadi kuburan untuk golongan atau suku tertentu, para ulama berbeda pendapat dalam masalah ini. Di kalangan ulama Syafiiyah sendiri terdapat tiga pendapat.

Pendapat pertama, dan ini pendapat yang dinilai shahih, makruh bagi pemilik tanah mewakafkan tanahnya untuk kuburan golongan dan suku tertentu. Meski demikian, jika dia mewakafkan tanahnya untuk kuburan suku tertentu, maka suku lain tidak boleh dikubur di tanah tersebut.

Pendapat kedua, mengatakan bahwa tanah kuburan tersebut boleh dijadikan kuburan selain dari suku yang sudah ditentukan oleh pemilik tanah tersebut. Syarat dari pemilik tanah dinilai sia-sia, sehingga suku lain boleh juga dikuburkan.

Pendapat ketiga,  wakaf tanah tersebut tidak sah karena syaratnya dinilai batil dan rusak. Karena itu, tanah tersebut bukan dinilai tanah wakaf, melainkan dinilai seperti tanah biasa.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

Baca Juga :  Hadis-Hadis Penetapan Awal Ramadan: Melacak Akar Perdebatan

واما لو شرط في وقف المقبرة اختصاصها بطائفة اقتصر عليهم في الاصح عند الشافعية ويمنع غيرهم من الدفن فيها رعاية لغرض الواقف وان كان ذلك الشرط مكروها ومقابل الاصح لا تختص بهم ويلغو الشرط وهناك قول ثالث وهو انه يفسد الوقف لفساد الشرط

Jika pewakaf mensyaratkan dalam wakaf tanah kuburan untuk golongan tertentu saja, menurut pendapat yang lebih shahih, tanah tersebut hanya untuk golongan tersebut dan golongan lainnya tidak boleh dikuburkan di situ karena menjaga tujuan pewakaf, meskipun syarat tersebut dimakruhkan. Sementara pendapat lainnya mengatakan bahwa tanah tersebut tidak khusus untuk golongan tersebut dan syaratnya menjadi sia-sia. Dan pendapat ketiga, yaitu wakafnya rusak disebabkan rusaknya syarat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here