Merebus Telur dengan Air Najis, Apakah Telurnya Boleh Dimakan?

1
31

BincangSyariah.Com – Hampir sebagian besar dari kita pernah merebus telur ayam atau telur puyuh. Umumnya, kita merebus telur dengan menggunakan air bersih dan suci. Hampir bisa dipastikan bahwa kita tidak pernah merebus dengan air najis. Namun bagaimana jika kita merebus telur dengan air najis, apakah telurnya tetap boleh dimakan?

Menurut kebanyakan para ulama, jika kita merebus telur dengan air najis atau yang terkena najis, maka telurnya tetap boleh dan halal dimakan. Meski telur tersebut direbus dengan air najis, namun kenajisan air tersebut dinilai tidak meresap sampai ke bagian dalam telur. Karena itu, bagian dalam tetap dinilai suci dan boleh dimakan.

Pendapat ini merupakan pendapat kebanyakan para ulama, baik dari kalangan ulama Syafiiyah, Hanafiyah, Hanabilah dan sebagian ulama Malikiyah. Menurut mereka, jika telur direbus dengan air najis, maka yang terkena najis hanya bagian kulit telur saja, sementara bagian dalam telur tetap dinilai suci dan boleh dimakan.

Sementara menurut kebanyakan ulama Malikiyah, jika telur dimasak dengan air najis, maka bagian kulit dan bagian dalam telur menjadi najis. Ini karena air najis bisa meresap masuk pada bagian pori-pori telur. Sehingga jika telur dimasak dengan air najis, maka telur tersebut tidak boleh dan halal dimakan karena najis.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

سَلْقُ الْبَيْضِ فِي مَاءٍ نَجِسٍ – إِذَا سُلِقَ الْبَيْضُ فِي مَاءٍ نَجِسٍ حَل أَكْلُهُ عِنْدَ الْجُمْهُورِ الْحَنَفِيَّةِ وَالشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ وَهُوَ الْقَوْل الْمَرْجُوحُ عِنْدَ الْمَالِكِيَّةِ وَفِي الرَّاجِحِ عِنْدَ الْمَالِكِيَّةِ لاَ يَحِل أَكْلُهُ لِنَجَاسَتِهِ وَتَعَذُّرِ تَطْهِيرِهِ لِسَرَيَانِ الْمَاءِ النَّجِسِ فِي مَسَامِّهِ

Merebus telur dengan air najis; jika telur direbus dengan air yang najis, maka halal memakannya menurut kebanyakan ulama, yaitu ulama Hanafiyah, Syafiiyah, dan Hanabilah, dan ini juga merupakan pendapat yang lemah dikalangan ulama Malikiyah. Pendapat yang kuat di kalangan ulama Malikiyah adalah tidak halal memakan telur yang direbus dengan air najis karena ia menjadi najis dan sulit disucikan karena air najis sudah menyerap ke dalam pori-pori telur.

100%

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here