Menurut Ulama, Ini Sepuluh Alasan 10 Muharam disebut Hari Asyura

0
988

BincangSyariah – Tanggal sepuluh bulan Muharam dikenal dengan hari ‘asyura’ (kesepuluh). Ia merupakan nama yang tidak biasanya dipasangkan pada tanggal yang sama dibulan lain. Umdatu Al-Qari Syarh Shahih Al-Bukhari Juz 11 halaman 117 mengemukakan alasan penamaan tanggal sepuluh bulan Muharam sebagai hari ‘asyura’.

Beliau mengatakan para ulama berbeda pendapat terkait alasan penamaannya. Ada yang mengatakan karena hari itu merupakan hari kesepuluh bulan Muharam sehingga disebut ‘asyura’ yang berarti kesepuluh.

Namun bagi beliau alasan ini sudah jelas dan tidak mengandung rahasia sama-sekali karena memang betul-betul terjadi dihari kesepuluh bulan Muharam.

Ada yang mengatakan alasan lain yaitu dikatakan ‘asyura’ karena pada hari itu Allah swt memuliakan sepuluh para Nabi AS dengan sepuluh karamah (kemuliaan dan keistiemewaan.

Petama, memuliakan Nabi Musa AS dengan sebuah pertolongan yang sangat luar biasa dan tidak masuk akal. Yaitu membelah lautan guna dijadikan sebagai jalan keselamatan dari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya. Dan pada saat itu pula fir’aun dan bala tentaranya ditenggelamkan oleh Allah swt.

Kedua, pada hari itu Allah swt memberikan kemuliaan kepada nabi Nuh dengan melabuhkan bahteranya (perahu) diatas bukit judi setelah puluhan hari mengapung diatas air. Difirmankan oleh Allah dalam surah Hud ayat 44:

Artinya: “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang zalim.”

Ketiga, Nabi Yunus as yang dimuliakan oleh Allah swt pada hari itu juga dengan diselamatkan serta dikeluarkan dari perut ikat hut.

Keempat, pada hari itu pula Nabi Adam diberikan kesempatan bertaubat oleh Allah swt dari kemaksiatan yang dilakukan akibat rayuan setan. Menurut beliau penjelasan ini sebagaimana disampaikan oleh Ikrimah.

Baca Juga :  Cara Nabi Memakai dan Melepas Sandal

Kelima, pada hari itu juga nabi Yusuf diselamatkan dan dikeluarkan dari dasar sumur karena dianiaya oleh saudara-saudaranya.

Keenam, Nabi Isa As dilahirkan dan diangkat oleh Allah swt bertepatan pada tanggal sepuluh bulan Muharam.

Ketujuh, Nabi Daud bertaubat kepada Allah swt dari kemaksiatan yang pernah dilakukan tepat pada hari kesepuluh bulan Muharam.

Kedelapan, Nabi Ibrahim as dilahirkan ke muka bumi ini

Kesembilan, Allah swt menyembuhkan penglihatan Nabi Ya’qub as

Kesepuluh, pada tanggal sepuluh bulan Muharam Allah swt telah memberikan jaminan kepada baginda Nabi Muhammad saw dengan mengampuni seluruh dosa yang telah diperbuat dan yang akan dilakukan.

Itulah kesepuluh Nabi yang telah dimuliakan oleh Allah swt dengan sepuluh kemuliaan yang terjadi pada tanggal sepuluh bulan Muharam. Sehingga hal ini menjadi bagian dari sekian banyak alasan penamaan sepuluh Muharam dengan hari ‘asyura’. Selanjutnya, alasan ini memberikan makna dan rahasia lebih kepada kita semua dari sekedar alasan karena terjadi dihari kesepuluh bulan Muharam sebagaimana disebut dimuka.

Wallahu A’lam



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here