Menulis Alquran dalam Keadaan Hadas, Apakah Boleh?

0
710

BincangSyariah.com – Kita banyak menjumpai seseorang menulis ayat Alquran pada kertas dan dinding dalam bentuk kaligrafi, hiasan, atau lainnya. Dan kadang dia menulis  ayat Alquran tersebut sedang tidak punya wudu atau dalam keadaan hadas. Bagaimana hukum menulis Alquran dalam keadaan hadas tersebut, apakah boleh?.

Dalam kitab Attibyan fi Adabi Hamalati al-Quran, Imam Nawawi menyebutkan bahwa menulis Alquran dalam keadaan hadas secara umum dibagi dalam dua kondisi. Pertama, menyentuh tulisan Alquran tersebut saat menulis. Kedua, tidak menyentuh. Kedua kondisi ini memiliki implikasi hukum yang berbeda.

Pada bagian pertama, yaitu menyentuh tulisan Alquran saat menulis, semua ulama sepakat bahwa hukumnya haram. Imam Nawawi berkata;

إذا كتب المحدث أو الجنب مصحفا إذا كان يحمل الورقة أو يمسها حال الكتابة فهو حرام

“Jika orang yang hadas atau junub menulis mushaf dan membawa kertas tulisan tersebut atau menyentuhnya saat menulis, maka hal tersebut hukumnya haram.”

Sementara pada bagian kedua, ulama berbeda pendapat. Pertama, boleh menulis Alquran tanpa membawa dan menyentuhnya, baik dalam keadaan hadas kecil atau besar. Kedua, haram. Ketiga, boleh bagi orang yang dalam keadaan hadas kecil dan haram bagi orang junub atau dalam keadaan hadas besar. Dari ketiga pendapat ini, yang paling sahih adalah pendapat pertama. Imam Nawawi berkata;

وان لم يحملها ولم يمسها, ففيه ثلاثة أوجوه: الصحيح جوازه, والثاني تحريمه, والثالث يجوز للمحدث ويحرم على الجنب.

“Jika tidak membawa atau menyentuh tulisan saat menulis, maka ada tiga pendapat; pertama, boleh. Ini yang sahih. Kedua, haram. Ketiga, boleh bagi orang yang hadas kecil dan haram bagi orang junub.”

Dari keterangan ini, dapat diketahui bahwa menulis Alquran dalam keadaan hadas diperbolehkan, hanya saja jika membawa atau menyentuhnya menjadi haram. Hal ini senada dengan keterangan yang terdapat dalam kitab Syarhul Bahjah Alwardiyah berikut;

Baca Juga :  Semiotika dalam Ayat-ayat Alquran

وَلَا يَمْنَعُ الْحَدَثُ كَتْبَ الْقُرْآنِ إذَا خَلَا الْمَكْتُوبُ عَنْ مَسٍّ وَحَمْلٍ

“Hadas bukan penghalang untuk menulis Alquran selama tulisannya tidak disentuh atau dibawa.”



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here