Hukum Menjual Tanah untuk Dijadikan Kuburan Non-Muslim

0
908

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa melakukan transaksi dengan non-muslim, seperti jual-beli, hukumnya boleh dan sah. Namun bagaimana jika menjual tanah kepada non-muslim untuk dijadikan kuburan umum dari kalangan non-muslim, apakah boleh?

Menjual tanah kepada non-muslim untuk dijadikan kuburan umum di kalangan mereka termasuk transaksi yang diperbolehkan. Tidak ada larangan dalam Islam untuk melakukan transaksi dengan non-muslim selama tidak membantu mereka dalam melakukan maksiat. Tentu, menjual tanah kepada non-muslim untuk dijadikan kuburan umum bukan perbuatan maksiat. Bahkan hal itu bisa membantu mereka dalam kebaikan, karena dalam Islam jenazah sebaiknya dikuburkan meskipun itu jenazah non-muslim. (Hukum Berziarah ke Kuburan non-Muslim)

Hal ini sebagaimana telah dijelasakan dalam kitab Fathul Bari Syarh Shahih Al-Bukhari berikut;

قال ابن بطال: معاملة الكفار جائزة، إلا بيع ما يستعين به أهل الحرب على المسلمين

Ibnu Baththal berkata; ‘Bertransaksi dengan non-muslim hukumnya boleh, kecuali menjual sesuatu yang bisa membantu mereka untuk memerangi orang-orang muslim.

Menjual tanah kepada non-muslim untuk dijadikan kuburan di kalangan mereka bahkan wajib jika tidak ada tempat lain untuk mengubur jenazah mereka. Hal ini agar kuburan mereka tidak bercampur dengan kuburan kaum muslim, karena menurut sebagian besar ulama, kuburan non-muslim tidak boleh menyatu dan bercampur dengan kaum muslim kecuali dalam keadaan darurat.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Majmu Syarh Al-Muhadzdzab berikut;

. اتفق اصحابنا رحمهم الله علي انه لا يدفن مسلم في مقبرة كفار ولا كافر في مقبرة مسلمين

Ulama Syafiiyah telah sepakat bahwa non-muslim tidak boleh dikuburkan di tempat kuburan kaum muslim dan juga orang muslim tidak boleh dikuburkan di tempat kuburan non-muslim.

Oleh karena itu, menyediakan tempat untuk kuburan masing-masing kaum muslim dan non-muslim menjadi wajib agar tidak menyatu dan bercampur. Dan jika hal itu bisa dilakukan dengan cara menjual tanah kepada non-muslim untuk dijadikan kuburan umum, maka hal itu menjadi wajib untuk dijual demi kemaslahatan bersama antara kaum muslim dan non-muslim.

Baca Juga :  Hukum Merusak Kuburan Non-Muslim

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here