Meninggal Saat Berangkat Haji, Perlukah Keluarganya Menghajikan Kembali?

0
1028

BincangSyariah.Com – Orang yang sudah mampu, terutama secara finansial, maka wajib baginya melaksanakan ibadah haji di Baitullah. Kewajiban melaksanakan ibadah haji ini hanya wajib sekali dalam seumur hidup. Namun demikian, ada sebagian orang yang sudah mampu melaksanakan haji, dan dia sudah berangkat, tetapi dia meninggal dalam perjalanan berangkat menunaikan ibadah haji, apakah kewajiban hajinya sudah gugur?

Orang yang meninggal dalam perjalanan berangkat haji, maka kewajiban hajinya sudah gugur. Meskipun secara lahir dia belum sempat menunaikan ibadah haji, namun dia sudah dinilai melaksanakan ibadah haji secara sempurna sehingga dia tidak perlu dibadalin ahli warisnya atau orang lain.

Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Baihaqi dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

مَنْ خَرَجَ حَاجًّا فَمَاتَ كُتِبَ لَهُ أَجْرُ الحاجِّ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ خَرَجَ مُعْتَمِرًا فَمَاتَ كُتِبَ لَهُ أَجْرُ الْـمُعْتَمِرِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Barangsiapa keluar (berangkat) untuk melaksanakan ibadah haji, kemudian dia meninggal, maka baginya telah dicatat pahala haji hingga hari kiamat. Barangsiapa keluar untuk umrah, kemudian dia meninggal, maka baginya telah dicatat pahala umrah hingga hari kiamat.

Melalui hadis ini, para ulama berpendapat bahwa orang yang sudah wajib melaksanakan haji, namun dia tidak sempat melaksanakan haji karena ada hal yang tidak memungkinkan baginya untuk melaksanakannya, misalnya meninggal dalam perjalanan berangkat haji, maka kewajiban haji baginya sudah gugur.

Hal ini sebagaimana telah disebutkan dalam kitab Mizanul Kubra berikut;

واتفقوا علي من لزمه الحج فلم يحج ومات قبل التمكن من أدائه سقط عنه الفرض

Ulama telah sepakat bahwa orang yang wajib melakasanakan ibadah haji namun dia tidak melaksanakannya, kemudian dia meninggal sebelum sempat melaksanakannya, maka kewajiban haji baginya sudah gugur.

Baca Juga :  Sunnah Melakukan Dua Hal Ini Ketika Melihat Setan

Dengan demikian, orang yang sudah berangkat melaksanakan namun meninggal dalam perjalanan sebelum sempat melaksanakan haji, maka kewajiban haji baginya sudah gugur. Dan dia sudah dicatat sebagai orang yang sudah melakasanakan ibadah haji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here