Mengucapkan Salam Dahulu atau Basmalah Saat Berbicara? Ini Penjelasan Imam al-Nawawi

0
3726

BincangSyariah.Com – Seringkali mendengar para dai, mubaligh, kiai, ustadz dan pejabat yang ceramah atau memberikan sambutan sebelum memanggil salam membaca basmalah terlebih dahulu. Jika berkaca pada hadis nabi tentang basmalah yang mana “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya. Tentu hadis ini sangat penting untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-sehari.

Akan tetapi dalam konteks pengucapan salam, mana yang lebih sunah didahulukan. Apakah lebih sunah mendahulukan basmalah sebelum salam ataukah sebaliknya?

Menurut Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar, Hlm. 168

فصل) السنة أن المسلم يبدأ بالسلام قبل كل كلام لأنه تحية يبدأ به فيفوت بالإفتتاح بالكلام كتحية المسجد)

“(Fasal) Kesunahan orang islam memulai salam adalah sebelum berbicara apa-apa. Karena salam adalah penghormatan yang dibuat permulaan. Kesunahan itu bisa hilang jika sudah dimulai dengan bicara terlebih dahulu. Seperti sunahnya tahiyat masjid sebelum melakukan apa-apa”.

Atas dasar ini, tidak sunah membaca basmalah sebelum salam, karena salam itu sebagian dari perkara yang tidak boleh dilakukan dengan membaca basmalah. Dan jika tetap membaca basmalah, maka putuslah kesunahan itu. Wallahu a’lam

Baca Juga :  Mengasihi Sesama Tanpa Pilih Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here