Hukum Menggunakan Pohon di Area Kuburan untuk Bangun Masjid, Apakah Boleh?

0
1165

BincangSyariah.Com – Di area kuburan umum, biasanya banyak pohon yang tumbuh dan kebanyakan terbengkalai. Oleh sebagian masyarakat, pohon tersebut digunakan untuk keperluan, dan ada juga yang digunakan untuk pembangunan masjid. Bagaimana hukum menggunakan pohon yang ditumbuh di area kuburan untuk keperluan pembangunan masjid, apakah boleh? (Hukum Mengambil Rumput di Atas Kuburan)

Menggunakan pohon yang tumbuh di area kuburan untuk pembangunan masjid, atau kemaslahatan umum lainnya, hukumnya diperbolehkan. Bahkan memanfaatkan pohon tersebut untuk keperluan pribadi hukumnya juga boleh. Hanya saja jika dialokasikan dan dimanfaatkan untuk kemaslahatan umum, seperti untuk membangung masjid, mushalla, dan lainnya, maka hal itu lebih utama dibanding dibebaskan untuk masyarakat umum dan digunakan untuk keperluan pribadi.

Hal ini sebagaimana telah disebutkan oleh Syaikh Zainudin al-Malibari dalam kitab Fathul Mu’in berikut;

ثمر الشجر النابت بالمقبرة المباحة مباح وصرفه لمصالحها أولى

Kemudian pohon yang tumbuh di area pekuburan yang dibolehkan (umum) adalah mubah, dan menggunakannya untuk kemaslahatan kuburan lebih utama.

Dalam kitab Fathul Mu’in, Syaikh Zainudin Al-Malibari juga menyebutkan sebagai berikut;

وسئل العلامة الطنبداوي في شجرة نبتت بمقبرة مسبلة ولم يكن لها ثمر ينتفع به إلا أن بها أخشابا كثيرة تصلح للبناء ولم يكن لها ناظر خاص فهل للناظر العام أي القاضي بيعها وقطعها وصرف قيمتها إلى مصالح المسلمين فأجاب نعم: للقاضي في المقبرة العامة

Syaikh Al-Thanbadawi dimintai keterangan tentang pohon yang tumbuh di kuburan umum, tapi pohon tersebut tidak mempunyai buah yang layak dikonsumsi, hanya ranting-rantingnya saja yang besar, layak dibuat bahan bangunan, sedangkan di sana tidak ada pengelola khusus (nadzir khas), apakah pemerintah berhak mengelola termasuk menjual, memotong dan membelanjakan hasilnya untuk kemaslahatan umat Islam? Beliau menjawab ‘Ya, bagi pemerintah mempunyai hak pada hal tersebut di pemakaman yang umum.

Baca Juga :  Merayakan Kemerdekaan Indonesia di Balik Dinding Madrasah

Dengan demikian, menggunakan pohon yang tumbuh di area kuburan umum untuk pembangunan masjid hukumnya boleh. Bahkan hal itu lebih utama jika hanya dibiarkan terbengkalai dan dibebaskan untuk masyarakat umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here