Mengganti Barang Pinjaman yang Rusak, Haruskah Mirip Barang yang Dipinjam?

0
1626

BincangSyariah.Com – Menurut pendapat yang masyhur, sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Raudhatut Thalibin, barang pinjaman wajib diganti oleh peminjam jika terjadi kerusakan, baik rusak karena sembrono atau tidak, karena disengaja atau tidak. Namun bagaimana cara mengganti barang pinjaman yang rusak tersebut? Dan bagaimana pula ketentuannya?

Jika barang pinjaman rusak, maka ada dua pendapat ulama terkait cara dan ketentuan menggantinya.

Pertama, diganti dengan uang seharga barang pinjaman tersebut pada saat rusaknya, bukan harga pada saat meminjamnya, baik masih bisa dijumpai barang yang serupa dengan barang pinjaman tersebut atau sudah tidak dijumpai. Ini adalah pendapat yang dikemukakan oleh Imam al-Ardabili dalam kitab Al-Anwar dan juga merupakan pendapat kebanyakan ulama. Dan ini merupakan pendapat yang kuat sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh al-Bujairimi dalam kitab Hasyiyah al-Bujairimi ‘ala al-Khatib dan Syaikh al-Bajuri dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri.

Kedua, jika masih ditemukan barang yang serupa dengan barang pinjaman, maka harus diganti dengan barang yang serupa tersebut. Namun jika barang yang serupa sudah tidak ditemukan lagi, maka diganti dengan uang seharga barang pinjaman tersebut. Ini merupakan pendapat Syaikh Ibnu Abi Ashrun dan Imam al-Subki.

Dalam kitab Hasyiyah al-Bujairimi disebutkan sebagai berikut;

وَيَضْمَنُ التَّالِفَ بِالْقِيمَةِ وَإِنْ كَانَ مِثْلِيًّا كَخَشَبٍ وَحَجَرٍ عَلَى مَا جَزَمَ بِهِ فِي الأَنْوَارِ وَاقْتَضَاهُ كَلامُ جَمْعٍ وَقَالَ ابْنُ أَبِي عَصْرُونٍ يَضْمَنُ الْمِثْلِيَّ بِالْمِثْلِ وَجَرَى عَلَيْهِ السُّبْكِيُّ

“Orang yang merusak wajib mengganti barang pinjaman dengan harga, meskipun masih ada barang yang serupa, seperti kayu dan batu. Ini adalah pendapat yang ditegaskan oleh Imam al-Ardabili dalam kitab al-Anwar dan pendapat kebanyakan ulama. Ibnu Abi Ashrun berkata bahwa wajib mengganti dengan barang yang serupa. Imam al-Subki juga menjalankan pendapat ini.”

Baca Juga :  Enam Sifat Penghuni Neraka Jahanam Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Dengan demikian, jika kita meminjam barang pada orang lain dan rusak, maka kita wajib menggantinya dengan harga barang tersebut pada saat rusak. Namun jika barang tersebut ada yang serupa, maka boleh juga menggantinya dengan barang yang serupa dengan barang pinjaman tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here