Menggadaikan Barang Wakaf, Bolehkah?

0
197

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa barang wakaf tidak boleh dijual. Ia hanya boleh digunakan sesuai dengan kententuan yang telah ditetapkan oleh wakif (pewakaf). Namun bagaimana jika barang wakaf tersebut hanya digadaikan, atau dijadikan jaminan sebagai barang gadai, apakah boleh?

Di antara syarat barang yang boleh digadaikan atau dijadikan jaminan sebagai barang gadai adalah boleh diperjualbelikan. Sebab itu, karena barang wakaf tidak boleh diperjualbelikan, maka para ulama sepakat bahwa menggadaikan barang wakaf tidak diperbolehkan. Menggadaikan barang wakaf hukumnya tidak sah dan akadnya dihukumi batal.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

ويصح رهن وهو جعل عين يجوز بيعها وثيقة بدين يستوفى منها عند تعذر وفائه فلا يصح رهن وقف وأم ولد أى لأنه لا يجوز بيعهما

Dan sah akad gadai, yaitu menjadikan barang yang boleh dijual sebagai jaminan hutang yang bisa dilunasi dengannya ketika tidak mampu membayar. Karena itu, tidak sah menggadaikan barang wakaf dan ummu walad, karena keduanya tidak boleh dijual.

Orang atau lembaga apa pun yang menerima barang wakaf, ia hanya berhak mengambil dan menggunakan manfaat dari barang wakaf tersebut. Ia tidak boleh menjualnya, mensedekahkan, mewariskan atau menggadaikan. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Muhazzab berikut;

ﻭﻻﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻊ ﺍﻟﻮﻗﻒ ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻯ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ ﺃﺻﺎﺏ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﺭﺿﺎ ﺑﺨﻴﺒﺮ ﻓﺄﺗﻰ ﺍﻟﺒﻨﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺴﺘﺄﻣﺮﻩ ﻓﻴﻬﺎ ﻓﻘﺎﻝ :ﺇﻥ ﺷﺌﺖ ﺣﺒﺴﺖ ﺃﺻﻠﻪ ﻭﺗﺼﺪﻗﺖ ﺑﻬﺎ ﻗﺎﻝ:ﻓﺘﺼﺪﻕ ﺑﻬﺎ ﻋﻤﺮ ﺻﺪﻗﺔ ﻻ ﻳﺒﺎﻉ ﺃﺻﻠﻬﺎ ﻭﻻ ﻳﻮﻫﺐ ﻭﻻﻳﻮﺭﺙ

Tidak boleh menjual barang wakaf karena berdasarkan hadis Ibnu Umar, dia berkata; ‘Bahwa Umar mendapatkan sebidang tanah di Khaibar lalu dia mendatangi Nabi Saw untuk minta perintah mengenai tanah tersebut. Kemudian Nabi Saw berkata, bila kamu suka maka kamu tahan pokok tanah itu dan kamu sedekahkan hasilnya. Kemudian Umar mensedekahkan hasil tanah itu tanpa menjual tanahnya, juga tidak mensedekahkan dan mewariskannya.                               

Baca Juga :  Telaah Hadis: Sunnahkah Makan dengan Tiga Jari ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here