Mengalirkan Spirit Ramadan dan Syawal

0
147

BincangSyariah.Com – Umat Islam sejatinya mampu menjadi pribadi yang lebih baik, yang memiliki semangat dan energi baru usai Hari Raya Idulfitri dan puasa di bulan Ramadan. Ibadah puasa yang telah kita laksanakan merupakan suatu upaya pendidikan dan pelatihan jiwa untuk senantiasa bersifat jujur dan sabar. kedua sifat ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita, baik sebagai pribadi maupun dalam hidup bermasyarakat.

Mata dan telinga kita setiap saat melihat adanya penyimpangan dalam kehidupan yang semuanya dilakukan. Peliharalah sifat jujur itu, sebab kejujuran akan mengantarkan pelakunya ke surga. Dalam hadis lain disebutkan : Bukan umatku orang yang sering melakukan ketidakjujuran. Ada getar keharuan dalam hati, Ramadan yang penuh berkah, berlimpah rahmat, dan ampunan Allah, telah meninggalkan kita.

Tapi ada pertanyaan penting yang perlu tanyakan pada diri kita. Apa yang dapatkan melalui puasa sepanjang bulan Ramadan kemarin? Setelah sebulan penuh hidup dalam suasana Ramadan yang penuh dengan rahmat dan magfirah, umat Islam akhirnya pada hari ini kembali kepada fitrahnya, bersih dan suci dari segala noda dan dosa, laksana seorang bayi yang baru dilahirkan dari kandungan ibunya.

Nabi bersabda:‘Bulan Ramadhân adalah bulan yang di dalamnya difardukan puasa dan disunatkan bagimu qiyâm al-lail, maka barang siapa yang melaksanakan puasa dan qiyâm al-lail tersebut atas dasar iman, maka ia akan keluar dalam keadaan bersih dari dosa sebagaimana ketika ia dilahirkan oleh ibunya.’

Setelah menjalankan ibadah puasa dengan sebuah misi yang sangat suci, manahan segala bentuk godaan duniawi, maka puncak perayaan (the higlight of the celebration) Idulfitri 1 Syawal 1439 H. Tentu ini adalah sebuah momentum yang sangat spesial buat saudara kita umat Islam untuk melakukan pembahruan yang sangat besar bagi bangsa ini.

Baca Juga :  Memperbanyak Ibadah pada Sepuluh Malam Terakhir Ramadan

Lebaran menjadi momentum bagi umat Islam untuk saling meminta maaf, baik untuk kesalahan yang disadari maupun yang tidak disadari.Meminta maaf memiliki makna sangat penting dan bisa membawa perubahan yang sangat signifikan bagi pribadi seseorang. Perasaan salah akan menimbulkan beban bagi orang tersebut. Dampaknya, seseorang tidak bisa hidup dan bekerja maksimal.

Dengan halalbihalal dan bermaaf-maafan di Hari Raya Idulfitri, bisa menciptakan semangat dan energi baru untuk melangkah ke depan dengan lebih baik. Karena itu, Idulfitri sejatinya juga bisa dimaknai sebagai musim semi untuk meningkatkan produktivitas.

Tradisi saling mengunjungi dan silaturahmi tanpa sekat yang diwarnai suasana semangat dan keikhlasan berzakat, serta bersedekah akan membuat suasana ceria dan kembali menjadi segar. Perbedaan status sosial yang sebelumnya cenderung mengemuka dan menjadi penyekat kesetaraan serta kebersamaan, akan musnah. Semangat kesetaraan dan kebersamaan akan dapat mendorong terwujudkan kerjasama tim yang kuat, yang saling mengisi dan melengkapi.

Kembali ke fitrah, setelah menjalani “Madrasah Ramadan” sebulan penuh, yang disertai menguatnya istikamah dalam beragama. Menguatnya ketauhidan dengan keyakinan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan dan merupakan tempat memohon. Akan mendorong semangat bekerja keras dan ikhlas karena Allah Swt.

Sehingga setiap pekerjaan akan dimaknai sebagai ibadah, yang hanya mengharap rida Allah Swt. Jika pun pekerjaan itu membuahkan hasil, tidak akan membuat orang tersebut menjadi sombong dan lupa diri. Begitu pula jika gagal, tidak akan stres, terpuruk dan frustasi, dan segera bangkit kembali.

Kembali kepada fitrah, juga akan melahirkan komitmen yang kuat dalam keimanan kepada Allah sekaligus keteguhan dan keistikamahan dalam menjalankan segala ajaran atau nilai-nilai agama merupakan perintah dari Allah Swt. dan Rasulullah Saw.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here