Mendapat Dua Undangan dalam Waktu Bersamaan, Mana yang Didahulukan?

1
676

BincangSyariah.Com – Dalam suatu waktu, kadang kita mendapatkan dua undangan atau lebih dalam hari dan waktu yang bersamaan. Dalam kondisi ini, kita menjadi dilema mengenai undangan mana yang mesti dihadiri terlebih dahulu, apakah berdasarkan undangan yang terlebih dulu kita terima atau berdasarkan karena teman dan tetangga dekat?.

Menghadiri undangan teman, tetangga dan saudara muslim lainnya termasuk anjuran dalam Islam. Bahkan menjadi wajib jika undangan tersebut berupa acara pernikahan. Dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى طَعَامٍ فَلْيُجِبْ، فَإِنْ كَانَ مُفْطِرًا فَلْيَطْعَمْ، وَإِنْ كَانَ صَائِمًا فَلْيُصَلِّ. يَعْنِى اَلدُّعَاءَ

Apabila seseorang dari kalian diundang makan, maka penuhilah undangan itu. Apabila ia tidak berpuasa, maka makanlah (hidangannya), tetapi jika ia sedang berpuasa, maka hendaklah ia mendoakan (orang yang mengundangnya).

Namun jika terdapat dua undangan atau lebih dan hari dan waktu acaranya bersamaan, maka menurut ulama fiqih adalah undangan yang lebih dahulu kita terima yang harus kita hadiri.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Ibanatul Ahkam Syarh Bulughul Maram berikut;

إذا اجتمع داعيان فالأحق منهما الأسبق

Jika terdapat dua pengundang bersamaan, maka yang lebih berhak untuk dihadiri adalah yang lebih dahulu mengundang.

Dalam kitab Al-Tadrib fil Fiqhis Syafii juga disebutkan sebagai berikut;

فإنْ دَعاهُ اثنانِ قَدَّمَ الأسْبقَ، وعنْدَ المَعيةِ يُقدِّمُ الأقْربَ رَحِمًا، ثُمَّ الأقْربَ دَارًا

Jika terdapat dua pengundang, maka dahulukan yang lebih awal mengundang. Jika mengundang dalam waktu bersamaan, maka dahulukan yang masih memiliki kerabat, kemudian yang lebih dekat rumahnya.

Begitu juga disebutkan dalam kitab Hasyiyatul Qalyubi sebagai berikut;

وَمِنْهَا أَنْ لَا يَتَعَدَّدَ الدَّاعِي فَإِنْ تَعَدَّدَ قُدِّمَ الْأَسْبَقُ، ثُمَّ الْأَقْرَبُ رَحِمًا ثُمَّ دَارًا

Baca Juga :  Ini Tujuh Manfaat Sedekah, Nomor Tujuh Memperpanjang Umur

Sebagian syarat menghadiri undangan adalah pengundang tidak banyak. Jika pengundang banyak, maka dahulukan yang lebih dulu mengundang, kemudian yang masih memiliki kerabat, dan yang lebih dekat rumahnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, jika kita mendapat undangan dari dua orang atau lebih, maka menurut ulama Syafiiyah, yang lebih berhak dihadiri terlebih dahulu adalah orang yang mengundang kita duluan.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here