Membuat Jimat untuk Non-Muslim, Apakah Boleh?

0
1301

BincangSyariah.Com – Bagaimana hukum membuat jimat untuk non-muslim, apakah boleh atau dilarang? (Baca: Memakai Jimat Agar Selamat dari Wabah Penyakit, Apakah Boleh?)

Membuat jimat dari ayat-ayat Al-Quran, nama-nama Allah, zikir dari para ulama, hukumnya diperbolehkan dalam Islam. Tidak ada larangan dalam Islam untuk membuat jimat, baik untuk diri sendiri sendiri, anak, keluarga, atau orang lain sesama muslim.

Menurut Imam Nawawi, membuat jimat untuk anak sendiri dan orang lain hukumnya boleh. Ini sebagaimana sudah pernah dilakukan oleh sahabat Abdullah bin Umar kepada anaknya yang masih kecil. Beliau menulis sebuah kalimat thayyibah agar anaknya terlindung dari gangguan setan, kemudian tulisan tersebut dikalungkan pada anaknya.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi mengisahkan riwayat dari kakek Amr bin Syuaib, dia berkisah;

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يعلمهم من الفزع كلمات : أعوذ بكلمات الله التامة من غضبه وشر عباده ومن همزات الشياطين وأن يحضرون  وكان عبد الله بن عمرو يعلمهن من عقل من بنيه ، ومن لم يعقل كتبه فعلقه عليه

Sesungguhnya Rasulullah Saw mengajari para sahabat sejumlah kalimat dari rasa takut yang mencekam; ‘A’uudzu bi kalimaatillaahit tammati min ghadhabihii wa syarri ‘ibaadihii wa min hamazatisy syayaathiin wa ayyahdhuruun (Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu). Abdullah bin Umar mengajarkan kalimat itu pada anaknya yang sudah berakal. Sementara anaknya yang belum berakal, maka beliau menuliskan, lalu mengalungkan tulisan itu padanya.

Begitu juga boleh membuat jimat untuk non-muslim. Imam Syarqawi mengatakan bahwa menurut pendapat ulama yang mu’tamad, boleh menuliskan dan membuat jimat untuk non-muslim. Meski demikian, sebaiknya hal itu tidak dilakukan kecuali karena ada kebutuhan. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiatusy Syarqawi ala Tuhfatit Thullab berikut;

Baca Juga :  Cara Mudah Hadapi Orang dengan Sifat Dengki

ويجوز كتابة التميمة للكافر على المعتمد

Dan boleh menuliskan jimat untuk non-muslim, menurut pendapat yang mu’tamad.

Dengan demikian, menuliskan jimat untuk orang lain, meskipun non-muslim, hukumnya boleh. Hanya saja jika tidak ada kebutuhan, maka hal itu sebaiknya tidak perlu dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here