Hukum Memberikan Zakat pada Non-Muslim yang Miskin

0
829

BincangSyariah.Com – Selama ini, umumnya zakat diberikan kepada orang-orang muslim saja, terutama dari kalangan orang-orang miskin. Jarang kita jumpai zakat diberikan kepada non-muslim, baik zakat fitrah maupun zakat harta. Namun, bagaimana hukum memberikan zakat pada non-muslim yang miskin, apakah boleh?

Para ulama berbeda pendapat mengenai kebolehan memberikan zakat kepada non-muslim, meskipun dia berstatus sebagai orang miskin. Imam Syafii dalam kitab Al-Umm tidak membolehkan memberikan zakat kepada non-muslim karena non-muslim tidak berhak menerimanya. Zakat hanya boleh diberikan kepada umat muslim semata, dan jika diberikan kepada non-muslim, maka hukumnya tidak sah. (Baca: Adakah Kewajiban Muslim atas Harta Selain Zakat?)

Dalam kitab Al-Umm, Imam Syafii berkata sebagai berikut;

وليس له في الفريضة من الصدقة  حق

Non-muslim tidak berhak menerima sedekah wajib.

Pendapat Imam Syafii ini disepakati ulama Syafiiyah. Mereka sepakat bahwa zakat tidak boleh diberikan kepada non-muslim, baik berupa zakat fitrah maupun zakat harta. Ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu berikut;

ولايجوز دفع شئ من الزكوات الي كافر سواء زكاة الفطر وزكاة المال وهذا لا خلاف فيه عندنا

Dan tidak boleh memberikan zakat kepada non-muslim, baik zakat fitrah maupun zakat harta. Ini tidak ada perbedaan di antara kami (ulama Syafiiyah).

Namun sebagian ulama lain, seperti Imam Ibnu Sirin dan Al-Zuhri, membolehkan memberikan zakat kepada non-muslim, baik berupa zakat harta maupun zakat fitri. Adapun Imam Abu Hanifah hanya membolehkan memberikan zakat fitri kepada non-muslim, sedangkan zakat harta tidak boleh.

Dalam kitab Al-Majmu, Imam al-Nawawi menyebutkan dengan lengkap perbedaan para ulama mengenai masalah ini.

قال ابن المنذر: أجمع كل من نحفظ عنه من أهل العلم أن الذمى لا يعطى من زكاة الأموال شيئا، واختلفوا فى زكاة الفطر فجوزها أبو حنيفة، وعن عمرو بن ميمون وغيره أنهم كانوا يعطون منها الرهبان، وقال مالك والليث وأحمد وأبو ثور لا يعطون، ونقل صاحب البيان عن ابن سيرين والزهرى جواز صرف الزكاة إلى الكفار.

Baca Juga :  Bolehkah Membayar Zakat Fitrah Sebelum Ramadhan?

Ibnu Al-Munzir berkata; Ulama telah sepakat bahwa tidak boleh memberikan zakat harta kepada non-muslim. Mereka berselisih dalam zakat fitri, sedangkan Imam Abu Hanifah membolehkan. Hal ini sebagaimana telah dilakukan oleh Amr bin Maimun dan lainnya. Mereka memberikan zakat fitri kepada para pendeta. Imam Malik, Al-Laist, Ahmad dan Abu Tsaur mengatakan tidak boleh memberikan zakat fitri kepada non-muslim. Pengarang kitab Al-Bayan menukil dari imam Ibnu Sirin dan Al-Zuhri mengenai kebolehan memberikan zakat kepada non-muslim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here