Bolehkah Membayar Zakat Fitrah Sebelum Ramadhan?

1
1066

BincangSyariah.Com – Pada umumnya, membayar zakat fitrah dilakukan ketika sudah memasuki bulan Ramadhan, terutama menjelang hari Idul Fitri. Hampir tidak pernah ditemukan dari kaum muslim yang membayar zakat fitrah di luar bulan Ramadhan, apalagi sebelum Ramadhan. Namun, bagaimana jika membayar zakat fitrah sebelum Ramadhan, apakah boleh? (Baca: Sahkah Zakat Fitrah Tanpa Ijab Kabul?)

Terkait masalah ini, terdapat perbedaan pendapat ulama terkait kebolehan membayar zakat fitrah sebelum Ramadhan. Menurut kebanyakan ulama, membayar zakat fitrah sebelum bulan Ramadhan tiba hukumnya tidak boleh dan tidak sah. Ini merupakan pendapat yang paling shahih dan diikuti oleh kebanyakan para ulama.

Hal ini karena waktu zakat fitrah dimulai sejak masuk bulan Ramadhan dan berakhir pada hari Idul Fitri. Oleh karena itu, membayar zakat fitrah sebelum Ramadhan tiba termasuk melakukan ibadah bukan pada waktunya. Ini seperti melakukan shalat Dzuhur sebelum waktu Dzuhur tiba. Tentu hal ini tidak boleh dan tidak sah.

Sementara menurut sebagian ulama, seperti Imam Al-Baghawi dan lainnya, membayar zakat sebelum Ramadhan tiba hukumnya boleh. Menurut Imam Al-Baghawi, boleh membayar zakat fitrah selama setahun. Waktu membayar zakat fitrah bukan hanya di bulan Ramadhan saja, namun selama setahun penuh merupakan waktu untuk membayar zakat fitah.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu berikut;

قَالَ أَصْحَابُنَا يَجُوزُ تَعْجِيلُ زَكَاةِ الْفِطْرِ قَبْلَ وُجُوبِهَا بِلَا خِلَافٍ لِمَا ذكره المصنف وفى قت التَّعْجِيلِ ثَلَاثَةُ أَوْجُهٍ (وَالصَّحِيحُ) الَّذِي قَطَعَ بِهِ الْمُصَنِّفُ وَالْجُمْهُورُ يَجُوزُ فِي جَمِيعِ رَمَضَانَ وَلَا يَجُوزُ قَبْلَهُ وَالثَّانِي يَجُوزُ بَعْدَ طُلُوعِ فَجْرِ الْيَوْمِ الْأَوَّلِ مِنْ رَمَضَانَ وَبَعْدَهُ إلَى آخِرِ الشَّهْرِ وَلَا يَجُوزُ فِي اللَّيْلَةِ الْأُولَى لِأَنَّهُ لَمْ يُشْرَعْ فِي الصَّوْمِ حَكَاهُ الْمُتَوَلِّي وَآخَرُونَ وَالثَّالِثُ يَجُوزُ فِي جَمِيعِ السَّنَةِ حَكَاهُ الْبَغَوِيّ وَغَيْرُهُ

Baca Juga :  Syarat-syarat Diperbolehkan Membuat Rajah dan Jimat

Ulama kami (Syafiiyah) berkata; Boleh menyegerakan zakat fitrah sebelum waktu wajibnya tanpa ada perbedaan ulama karena alasan yang disebutkan oleh mushannif. Adapun waktu menyegerakan ada tiga.

Pertama, dan ini pendapat yang shahih dan diikuti oleh mushannif dan kebanyakan ulama, boleh membayar zakat fitrah selama bulan Ramadhan, dan tidak boleh sebelum Ramadhan.

Kedua, boleh membayar zakat fitrah setelah terbit fajar pada hari pertama bulan Ramadhan sampai akhir bulan dan tidak boleh membayar pada malam pertama karena puasa masih belum dimulai. Ini dikatakan oleh Imam Al-Mutawalli dan lainnya.

Ketiga, boleh membayar zakat fitrah selama setahun penuh. Ini dikatakan oleh Imam Al-Baghawi dan lainnya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here