Benarkah Melihat Foto Perempuan di Media Sosial Berdosa?

0
602

BincangSyariah.Com – Saat ini kita sangat gampang sekali melihat foto lawan jenis di media sosial. Terkait hal ini, sudah banyak dijumpai pembahasan mengenai hukum melihat foto lawan jenis di media sosial, terutama melihat foto perempuan. Kebanyakan berpendapat bahwa melihat foto perempuan berdosa karena akan menimbulkan syahwat. Benarkah melihat foto perempuan di media sosial berdosa?

Melihat foto perempuan di media sosial atau lainnya oleh para ulama disamakan dengan melihat gambar perempuan pada cermin. Baik foto perempuan yang ada di media sosial maupun yang ada di cermin sama-sama bukan wujud asli seorang perempuan, melainkan hanya sebatas bayangannya semata.

Terkait hal ini, para ulama berpendapat bahwa boleh bagi laki-laki melihat bayangan perempuan yang ada di cermin atau di permukaan air. Begitu juga boleh melihat foto perempuan di media sosial atau lainnya. Karena foto maupun gambar di cermin atau di permukaan air sama-sama bayangan, bukan wujud asli. Sementara larangan melihat lawan jenis hanya berlaku jika melihat wujud aslinya secara langsung. Jika hanya melihat bayangannya saja, maka hal itu tidak masalah.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

لا في نحو مرآة أي لا يحرم نظره لها في نحو مرآة كماء وذلك لانه لم يرها فيها وإنما رأى مثالها. ..والمرأة مثله فلا يحرم نظرها له في ذلك

Bukan melihat gambar pada semacam cermin. Artinya, tidak haram bagi seorang laki-laki melihat perempuan pada semisal cermin, seperti dalam permukaan air. Hal ini karena ia tidak melihat wujud perempuan secara langsung, melainkan hanya melihat bayangannya saja. Sebaliknya bagi perempuan, ia tidak haram melihat laki-laki pada semisal cermin.

Baca Juga :  Apakah Benar Adil itu Sama Rasa Sama Rata?

Dengan demikian, boleh bagi laki-laki melihat foto perempuan yang dipasang di media sosial, banner, spanduk atau lainnya. Begitu juga sebaliknya, perempuan boleh melihat foto laki-laki. Karena itu, selama dilakukan dengan asas kesopanan dan kepantasan, maka memasang foto di media sosial dan melihatnya sama-sama diperbolehkan, baik bagi laki-laki maupun perempuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here