Hukum Melambaikan Tangan Saat Mengucapkan Salam

0
1278

BincangSyariah.Com – Ketika kita bertemu dengan teman, dan orang lain yang kita kenal di jalan, kadang kita menyapanya dengan mengucapkan salam sambil melambaikan tangan, bukan berjabat tangan. Sebenarnya, apakah hal itu juga masih termasuk adab yang baik dalam Islam?

Di antara adab yang diajarkan dalam Islam ketika kita bertemu dengan orang lain, terutama dengan saudara sesama muslim, kita dianjurkan untuk mengucapkan salam terlebih dahulu. Kemudian setelah mengucapkan salam, kita dianjurkan untuk berjabat tangan.

Bahkan keutamaan berjabat tangan ketika bertemu dengan orang lain bisa menggugurkan dosa-dosa kita dan orang yang kita jabat tangannya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Abu Daud, Ibnu Majah, Imam Tirmidzi dari Al-Bara’ bin Azib, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَفْتَرِقَا

Tidaklah dua muslim itu bertemu lantas berjabat tangan melainkan akan diampuni dosa di antara keduanya sebelum berpisah.

Oleh karena itu, tak heran jika berjabat tangan ini merupakan kebiasaan yang sudah lumrah dilakukan oleh para sahabat Nabi Saw ketika mereka bertemu. Ini sebagaimana direkam dalam hadis riwayat Imam Bukhari bahwa Abu Qatadah pernah bertanya pada Anas bin Malik;

أَكَانَتِ الْمُصَافَحَةُ فِى أَصْحَابِ النَّبِىِّ  صلى الله عليه وسلم قَالَ نَعَمْ

Apakah berjabat tangan dilakukan di tengah-tengah sahabat Nabi Saw? Anas bin Malik menjawab, “Iya.”

Meski demikian, jika kita tidak memungkinkan untuk berjabat tangan dengan orang lain, misalnya karena dalam keadaan sedang berkendara, karena berbeda jenis, atau lainnya, maka kita cukup mengucapkan salam sambil melambaikan tangan kepadanya. Hal ini juga pernah dilakukan oleh Nabi Saw ketika beliau mengucapkan salam pada sekolompok perempuan. Beliau tidak menjabat tangan mereka satu persatu, melainkan hanya melambaikan tangan beliau.

Baca Juga :  Hukum Mengakikahi Anak yang Sudah Meninggal

Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi;

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – مَرَّ فِي المَسْجِدِ يَوْماً ، وَعُصْبَةٌ مِنَ النِّسَاءِ قُعُودٌ ، فَأَلْوَى بِيَدِهِ بالتَّسْلِيمِ

Rasulullah Saw pada suatu hari lewat menuju masjid, dan sekelompok perempuan sedang duduk-duduk. Maka, beliau melambaikan tangannya dengan mengucapkan salam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here