Masih Memakai Sepatu, Bolehkah Membaca Al-Qur’an?

0
157

BincangSyariah.Com – Salah satu ibadah yang dianjurkan bagi setiap muslim adalah membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Tentunya, ketika membacanya ada adab-adab yang seharusnya dipenuhi. Lalu, bagaimana jika ada seseorang yang masih memakai sepatu atau sandal, ia membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an? Bolehkah?

Terkait hal ini, Syekh Dr. Ahmad Ath-Thayyib telah menjawabnya di dalam Darul Ifta’ Al-Mishriyyah sebagai berikut.

إذا كانت السائلة على طهارة وكان الحذاء الذي تلبسه نظيفًا لا يحمل نجاسات ولم يُلَوَّث، فلا بأس ولا مانع شرعًا من قراءة القرآن وهي تلبسه، إلا أنه من الأفضل والأحسن أن تخلع حذاءها عند تلاوة كتاب الله الكريم.

Jika yang bertanya dalam keadaan suci dan sepatu yang dipakainya bersih dan tidak mengandung najis dan tidak mengotori, maka tidak apa-apa dan tidak ada larangan menurut syariat membaca Al-Qur’an dalam keadaan masih memakai sepatu. Hanya saja, yang lebih utama dan bagus adalah mencopot sepatunya ketika membaca kitab Allah yang mulia.

Dengan demikian, maka membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an masih memakai sepatu itu pada dasarnya diperbolehkan. Hanya saja, adab yang terbaik dan lebih utama adalah membaca Al-Qur’an dalam keadaan yang suci, di tempat yang suci, dan tidak sedang membawa benda najis, seperti sepatu yang kotor karena yang dibaca adalah ayat-ayat yang suci. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Hikmah Pagi: Canda Yang Diperbolehkan


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here