Maksud Hadis Agama itu Nasihat

0
188

BincangSyariah.Com – Setiap orang tidak jarang membutuhkan nasihat orang lain untuk memberikan pemantik semangat dirinya agar menjadi pribadi yang lebih baik. Padahal, menurut Nabi saw. di dalam sabdanya sebenarnya agama (Islam) sendiri adalah nasihat untuk setiap muslim. Lalu apa makna hadis agama adalah nasihat tersebut?

عَنْ تَمِيْمٍ الدَّارِىِّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: قَالَ: الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ. قُلْنَا: لِمَنْ؟ قَالَ: لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُولِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ. (رواه مسلم)

Dari Tamim Ad-Dari, bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Agama itu nasihat.” Kami pun bertanya, “Hak siapa (nasihat itu)?” Beliau menjawab, “Nasihat itu adalah hak Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, serta imam-imam kaum muslim dan rakyatnya.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadis tersebut, Nabi saw. menjelaskan bahwa agama adalah nasihat bagi kita untuk memenuhi lima hak. Dalam kitab Syarah Shahih Muslim, imam Nawawi telah mengutip penjelasan syekh Al-Khattabi dan ulama lainnya tentang hak-hak tersebut.

Pertama: Hak Allah swt.

Maksud dari agama itu nasihat untuk memenuhi hak Allah swt. adalah beriman kepada Nya, tidak menyekutukanNya, meyakini sifat-sifat sempurnaNya, menyucikanNya dari segala kekurangan, taat kepadaNya, menjauhi laranganNya, serta mencintai dan membenci karena Nya.

Kedua: Hak Rasul-Nya

Adapun maksud dari agama itu nasihat untuk memenuhi hak Rasul-Nya adalah meyakini kebenaran risalahnya dan mengimani apa yang dibawanya, taat terhadap perintah dan larangnya, serta membelanya baik ketika beliau masih hidup maupun setelah ia wafat.

Ketiga: Hak Kitab-Nya

Maksud dari agama itu nasihat untuk memenuhi hak kitab-Nya adalah dengan meyakini bahwa tidak ada kitab dan karya manusia yang menyerupai Al-Qur’an, mengagungkan Al-Qur’an, membacanya dengan sungguh-sungguh dan khusyuk, meyakini kebenaran kandungannya, menjalankan hukum-hukumnya, serta memahami ilmu-ilmu yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga :  Para Sahabat Nabi dan Perbedaan Pandangan Politik Mereka

Keempat: Hak Pemimpin Muslim

Adapun maksud dari agama itu nasihat untuk memenuhi hak pemimpin muslim adalah dengan mendukung dan menaatinya dalam kebenaran dan mengingatkannya dengan pantas dalam kelalaian.

Kelima: Hak Orang-Orang Muslim

Sementara maksud dari agama itu nasihat untuk memenuhi hak orang-orang muslim adalah dengan mengarahkannya kepada apa yang bermanfaat bagi dunia maupun akhirat, menghilangkan bahaya dari orang lain, serta menyerukan kebaikan dan melarang kemungkaran.

Sungguh betapa indahnya sabda Nabi saw. tersebut, yang mengingatkan kita bahwa agama Islam yang kita anut merupakan nasihat terbesar bagi kita untuk senantiasa memenuhi hak-hak Allah, RasulNya, kitabNya, para pemimpin, dan sesama muslim lainnya.

Dengan demikian, maka jika kita telah memenuhi hak-hak tersebut dengan sebenar-benarnya, niscaya insya Allah akan tercipta masyarakat dan generasi yang baik dan shalih. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here