Makna dan Keutamaan Zakat

0
517

zBincangSyariah.Com – Secara bahasa, zakat itu bermakna “bertambah”, “suci”, “tumbuh”, “berkah”. Sementara itu, secara syara`, zakat bermakna “bagian tertentu dari harta yang dimiliki yang telah Allah wajibkan untuk diberikan kepada mustahiqqin (orang-orang yang berhak menerima zakat)”.

Sementara shadaqah dapat didefinisikan sebagai pemberian harta kepada orang-orang fakir, orang yang membutuhkan, ataupun pihak-pihak lain yang berhak menerima shadaqah, tanpa disertai imbalan. Shadaqah adalah identik dengan zakat Ini merupakan makna kedua dari shadaqah, sebab dalam nash-nash syara’ terdapat lafal “shadaqah” yang berarti zakat.

Zakat merupakan salah satu pilar dari lima pilar Islam, Allah telah mewajibkan bagi setiap Muslim untuk mengeluarkannya sebagai penyuci harta mereka, yaitu bagi mereka yang telah memiliki harta sampai nishab (batas terendah wajibnya zakat) dan telah lewat atas kepemilikan harta tersebut masa haul (satu tahun bagi harta simpanan dan niaga, atau telah tiba saat memanen hasil pertanian). Wallahu A’lam.

Baca Juga :  Penjelasan tentang Zakat untuk Hasil Pertanian


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here