Makna Al-Matin dalam Asmaulhusna

1
52

BincangSyariah.Com – Al-Matin dalam Asmaulhusna artinya Mahakukuh. Allah Swt. adalah Mahasempurna baik dalam dalam kekuatan dan kekukuhan-Nya. Allah Swt. kukuh dalam prinsip sifat-sifat-Nya dan dalam kekuatan-kekuatan-Nya.

Oleh karena itu, sifat al-Matin adalah kehebatan perbuatan yang sangat kokoh dari kekuatan yang tidak ada taranya. Kekukuhan Allah Swt. yang memiliki rahmat dan azab terbukti pada saat Allah Swt. memberikan rahmat kepada hamba-hamba-Nya.

Dalam rahmat yang Allah Swt. berikan, tidak ada apa pun yang dapat menghalangi rahmat tersebut untuk tiba kepada sasarannya. Tidak ada juga kekuatan yang dapat mencegah pembalasan-Nya.

Seseorang yang menemukan kekuatan dan kekukuhan Allah Swt. akan membuatnya menjadi manusia yang tawakal. Selain tawakkal juga memiliki kepercayaan dalam jiwanya dan tidak merasa rendah di hadapan manusia lain.

Manusia akan selalu merasa rendah di hadapan Allah Swt. sebab hanya Allah Swt. yang Maha Menilai. Oleh sebab itu, Allah Swt. melarang manusia bersikap atau merasa lebih dari saudaranya.

Sebab, hanya Allah Swt. yang Maha Mengetahui baik buruknya seorang hamba. Allah Swt. juga menganjurkan manusia bersabar. Mengapa demikian? Sebab, Allah Swt. Mahatahu apa yang terbaik untuk hambaNya.

Kekuatan dan kekukuhan-Nya tidak terhingga dan tidak terbayangkan oleh manusia yang lemah dan tidak memiliki daya upaya. Kekukuhan Allah Swt. tidak terkalahkan dan tidak tergoyahkan.

Siapakah yang paling kuat dan kukuh selain Allah Swt.? (Baca: Memahami Makna Al-Wakil dalam Asmaulhusna)

Jawabannya adalah tidak ada satu makhluk pun yang bisa menundukkan Allah Swt. meski seluruh makhluk di bumi ini bekerja sama. Allah Swt. berfirman dalam Q.S. aż-Żāriyāt/51:58:

 إِنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلرَّزَّاقُ ذُو ٱلْقُوَّةِ ٱلْمَتِينُ

Innallāha huwar-razzāqu żul-quwwatil-matīn

Artinya: “Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.”

Dalam bentangan makna al-Matin dalam Asmaulhusna tersebut, akhlak seorang manusia terhadap sifat al-Matin adalah dengan beristiqamah yakni meneguhkan pendirian.

Selain itu, akhlak yang bisa dilakukan adalah beribadah dengan kesungguhan hati, tidak tergoyahkan oleh bisikan menyesatkan, terus berusaha dan tidak putus asa, dan bekerja sama dengan orang lain sehingga menjadi lebih kuat.[]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here