Mahasiswi al-Azhar Dikeluarkan Gara-gara Dipeluk Tunangannya

0
159

BincangSyariah.Com – Awal tahun 2019, masyarakat Mesir dikejutkan dengan video yang kemudian viral di media. Dalam video tersebut, terlihat seorang pemuda berlutut di hadapan wanita berkerudung merah muda, memberikan bucket bunga. Tidak lama setelah itu, pemuda tadi kemudian memeluk erat wanita tersebut. Menurut pengakuannya, ia hanya sedang memberikan ucapan selamat atas hari lahir wanita tersebut.

Mengutip laman sahafah24.net, pria tersebut adalah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Manshurah, dan ia sendiri yang mengunggah video tersebut. Wanita yang dipeluk tersebut rupanya merupakan mahasiswi Fakultas Bahasa Arab Universitas al-Azhar. Meskipun demikian, peristiwa tersebut tidak terjadi di kampus al-Azhar tapi di pelataran kafetaria di lingkungan Fakultas Sastra, Universitas Manshurah.

Atas peristiwa tersebut, mahasiswi al-Azhar tersebut diputuskan oleh pihak al-Azhar untuk dikeluarkan. AFP dan Arab News seperti dikutip oleh NU Online, mengutip pernyataan Ahmad Zarie, juru bicara Universitas Al-Azhar. Dia mengatakan kalau Dewan Disiplin Universitas Al-Azhar telah memutuskan untuk mengeluarkan mahasiswi itu. Menurutnya, video itu telah menyebabkan ‘kemarahan publik’ dan menyebabkan citra buruk kampus. Karena alasan itu lah, mahasiswi tersebut dikeluarkan. Zarie menyebut, pelukan antara laki-laki dan perempuan yang belum menikah menciderai dan melanggar nilai-nilai dan prinsip-prinsip masyarakat. Meski demikian, dia mengatakan kalau wanita tersebut bisa mengajukan banding atas keputusan itu.

Sementara, sang pria yang merupakan mahasiswa Universitas Manshurah, dibawa ke Komisi Etik Kampus untuk ditindak secara khusus karena tindakannya yang dianggap telah melanggar nilai-nilai dan etika kampus. Meskipun, tidak ada keterangan lebih lanjut mahasiswa tersebut akan dikeluarkan atau hanya diperingatkan saja.

Seperti diketahui, al-Azhar sebagai institusi pendidikan Islam keagamaan memisahkan pendidikan antara laki-laki dan perempuan. Sehingga, sangat wajar jika al-Azhar sangat reaktif terhadap persoalan ini. Meskipun, nampaknya budaya anak muda di sana untuk melamar wanita pujaannya dengan memberi bunga dan memeluknya. Ini terlihat dari beberapa video yang muncul di laman internet dengan kata pencarian syaabbun yu’aaniqu zamiilatahu (pemuda memeluk teman perempuannya).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here