Macam-macam Siksa Kubur; Diperlihatkan Neraka Jahanam

10
15171

BincangSyariah.Com – Siksa kubur ada bermacam-macam, salah satunya adalah diperlihatkan neraka jahanam setiap pagi dan petang kepada para calon ahli neraka saat masih di alam barzakh. Sebagaimana Allah Swt berfirman

النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا

Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang. (HR. al-Mukmin; 46)

Neraka Jahanam merupakan neraka tempat penyiksaan yang konon memiliki tujuh tingkat yang mana di setiap tingkatnya dijaga oleh malaikat Zabaniyah, sementara gerbang jahanam dipimpin oleh malaikat Malik.

Dalam Tafsir Jalalain dijelaskan bahwa ketika berada di alam barzah, neraka ditampakkan kepada mereka sehingga panasnya api neraka seakan membakar mereka hingga mereka akan merasa tersiksa. Demikianlah azab yang mereka rasakan hingga datang hari kiamat.

Ayat Ini menunjukkan adanya azab kubur. Dimana sesudah mati, diperlihatkan kepada mereka neraka di alam kubur mereka, baik pagi ataupun petang. Ini berlangsung hingga hari perhitungan ditegakkan. Maka pada hari tersebut, setiap anggota tubuh mereka akan menjadi saksi akan perbuatannya dulu.

Senada dengan ayat di atas, Rasulullah pun bersabda

إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا مَاتَ عُرِضَ عَلَيْهِ مَقْعَدَهُ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ، إِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَمِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ، وَإِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ فَمِنْ أَهْلِ النَّارِ فَيُقَالُ: هَذَا مَقْعَدُكَ حَتَّى يَبْعَثَكَ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya apabila salah seorang di antara kalian mati maka akan ditampakkan kepadanya calon tempat tinggal pada waktu pagi dan sore. Bila dia termasuk calon penghuni surga maka ditampakkan kepadanya surga. Bila dia termasuk calon penghuni neraka maka ditampakkan kepadanya neraka, dikatakan kepadanya; ini calon tempat tinggalmu, hingga Allah membangkitkanmu pada hari kiamat (HR. Bukari & Muslim)

Neraka jahannam adalahs alah satu neraka yang penuh dengan berbagai macam siksaan. Celakalah orang yang akhirnya masuk ke dalamnya. Wallahu’alam.

Baca Juga :  Lihatlah kepada Orang yang Berada di Bawahmu

10 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah dengan adanya rubrik ini ,,buat nambah2 pengecut hati spy takut akan siksa2 sebelum yaumul baats .Lebih byk lg materi nya yaa.Smg mnjd amal /ladang ibadah.

  2. Slama saya mati suri 8 bln lamanya saya sudah mengalami kejadian”diluar talar,manusia yg hidup,tentang adanya ghoibNERAKA DAN SURGA,

  3. Tolong critakan pengalaman mati surinya mas…ut menambah keimanan saya kepada Allah swt..dan nabi junjunganku muhamad saw…amiiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here