M. Quraish Shihab Menjawab: Katanya Allah Ada tapi Kok Kita Tidak Lihat?

0
173

BincangSyariah.Com – Salah satu episode acara Shihab & Shihab, yang rutin ditayangkan di kanal Youtube Najwa Shihab, berjudul “Menjawab Pertanyaan Anak tentang Islam”. Dalam sesi ini, Najwa Shihab (selaku Founder Narasi.tv dan Pembawa Acara Shihab & Shihab) menformat sesi tanya jawab dengan cucu-cucu M. Quraish Shihab yang masih kecil. Umurnya di kisaran 5-8 tahun.

Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh cucu beliau adalah, “Jiddo (Arab: Kakek), Allah katanya ada tapi kok kita tidak lihat?” Seraya tersenyum lebar, Abi Quraish memulai dengan memberikan contoh-contoh,

“Di rumah ada kucing kan? Kalau kamu sedang ada di lantai atas, kamu tetap bisa mendengar suaranya kan?” Salah satu cucu pak Quraish mengiyakan. “Allah demikian (gambarannya). Allah ada tapi kita tidak bisa lihat. Contoh lagi, saat ini ada matahari kan? Lalu, ada bulan, kemudian ada kamu (seraya memegang salah seseorang cucunya). Ini siapa semua ini yang menciptakan? Allah bukan.”

“Sekarang Jiddu mau jawab lagi soal kenapa kita tidak melihat Allah. Kita ambil contoh. Kita bisa lihat lampu tidak?”

Cucu-cucu beliau menjawab, “bisa Jiddu.”

Abi Quraish menjelaskan lagi, “kalau lampu-lampu itu kita lihat lama-lama?”

“Silau Jiddu.”

“Kalau lihat matahari ? Lebih silau lagi ya” Jiddu bertanya namun sambil menegaskan

“Iya!” cucu-cucu beliau menjawab dengan kompak.

“Nah, Allah itu jauh lebih terang di atas segala-galanya termasuk Matahari. Karena Dia yang menciptakan matahari dan semuanya. Kita tahu kan ada matahari, tapi kan kita tidak bisa lihat. Apa yang kita lihat dari matahari?”

“Cahaya.”

Ya, itu cahayanya yang kita lihat. Cahayanya pun, kalau kita lihat, silau ke mata kita. Apalagi Tuhan. Dia terlalu terang, kita tidak bisa melihat-Nya karena mata yang Dia ciptakan untuk kita tidak mampu digunakan untuk melihat-Nya. Tapi hakikatnya, Allah ada.” Jelas Abi Quraish.

Baca Juga :  Belajar Tauhid: Perbedaan Antara Mukjizat dan Sihir

Nah, misalnya, mainan yang kalian punya, ada yang buat tidak?” tanya Abi Quraish.

“Ada.”

“Kalau dunia ini ada tidak yang menciptakan?”

Cucu-cucu beliau menjawab, “Ada.”

“Siapa ?”

“Allah.”

“Nah itu, Allah yang menciptakan ini semua, walaupun kedua mata kita tidak melihat-Nya.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here