Lima Rahasia Kehebatan Zikir kepada Allah

0
8386

BincangSyariah.Com – Zikir merupakan amalan yang mampu menenangkan hati setiap insan yang mengamalkannya, ia juga adalah obat bagi hati yang mulai mengeras. Sebab semakin sering seseorang berzikir maka semakin tenggelam ia dalam kecintaan  terhadap Zat yang selalu ia ingat itu. Maka dari itu jangan sampai lupa melakukan zikir.

Allah Swt berfirman

يأيها اللذين آمنوا اذكروا الله ذكرا كثيرا

Artinya ;  Wahai orang-orang yang beriman ingatlah kepada Allah (dengan menyebut namanya) sebanyak-banyaknya. [QS. al-Ahzab ; 41]

Maksudnya, jelas Abu Laist Samarqandi dalam Tanbihul Ghafilin, sebutlah nama Allah Swt di setiap keadaan dan kapan saja. Sebab ia adalah ibadah yang tidak terpaut oleh waktu, dan terdapat keutamaan yang tersembunyi dalam setiap zikir. Setidaknya terdapat lima rahasia kehebatan zikir yang selalu terlantunkan dari mulut orang-orang yang beriman, di antaranya

Pertama, tersimpan ridha Allah Swt terhadap orang yang lisannya tidak pernah lalai mengingat-Nya. Kemudian Allah akan selalu mengingat hamba yang selalu mengingat-Nya tersebut. (QS. AL-Baqarah; 152)

Kedua, zikir akan selalu menjaganya dalam ketaatan kepada Allah Swt. dalam Riwayat Imam Bukhari dan Muslim telah dijelaskan Rasulullah berkata bahwa Allah akan selalu mengingat hamba yang selalu mengingat-Nya, sehingga ia akan selalu dijaga dalam ketaatan kepada-Nya.

Ketiga, zikir akan menjadi penjaga dari godaan setan. Imam Ahmad menjelaskan dalam sebuah riwayat bahwa setan memang tidak dapat terlihat secara kasat mata, akan tetapi jika kita berzikir dan membaca bismilah maka setan akan mengecil seperti lalat.

Keempat, zikir akan melunakkan hati yang keras. Allah berfirman bahwa zikir akan membuat hati menjadi tentram (QS. Al-Ra’d;28) sehingga kemudian ia akan melunakkan hati keras menjadi lembut.

Kelima, zikir akan mencegahnya dari berbuat maksiat. Sebab hatinya akan selalu disibukkan dengan mengingat Allah Swt. Sehingga ia lupa akan maksiat.

Demikian kehebatan zikir terhadap Allah, semoga kita termasuk orang-orang yang tersebutkan di atas.

Wallahu’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here